Ngalam Roller Sport, Adu Balap Sepatu Roda Sambil Berwisata

Ngalam Roller Sport, Adu Balap Sepatu Roda Sambil Berwisata

PJ Walikota Malang Wahyu Hidayat, saat membuka Ngalam Roller Sport --

MALANG, MEMORANDUM - PJ. Walikota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, mengapresiasi kejuaraan nasional (Kejurnas) di ajang Ngalam Roller Sport, Persatuan Sepatu Roda Indonesia (Perserosi), piala Walikota Malang ke XI di kawasan Jl Kertanegara, Kecamatan Klojen, Kota Malang, 07 - 09 Juni 2024.

Pasalnya, kejurnas sepatu roda sudah dilakukan XI kali di Kota Malang ini, bisa menjadi salah satu dukungan dalam perwujudan sportourism. Mengingat, lokasi gelaran menawarkan wisata yang cukup menarik. Membuat para peserta betah dan kerasan di Kota Malang.

"Ini salah satu bukti komitmen pemerintah, dalam mengembangkan olahraga di Indonesia. Semoga kejuaraan ini, melahirkan atlet-atlet berbakat. Nantinya, dapat mengharumkan nama bangsa dan negara di kancah internasional,” terang PJ Walikota Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat, ditemui usai pembukaan Roller Sport piala Walikota Malang ke XI di kawasan Jl Kertanegara, Kota Malang, Sabtu 08 Juni 2024.

BACA JUGA:Peringatan HKN, Pj Walikota Malang Tekankan Pentingnya Enam Pilar Transformasi Kesehatan

Ia menambahkan, Kota Malang memiliki sarana prasarana kegiatan yang cukup representatif. Karena itu, bisa menjadi ajang promosi wisata yang ada di Kota Malang. Mengingat, peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Klub peserta, tidak saja datang dari Malang Raya. Namun dari berbagai daerah di Indonesia. Karena itu, sangat cocok sebagai salah satu sarana promosi," lanjutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk gelaran ke XI ini, diikuti 53  klub roller sport sepatu roda. Dengan peserta sebanyak 583. Mempertandingkan berbagai kategori usia dan kelas. Para pemenang mendapatkan hadiah berupa medali dan uang pembinaan.

"Peserta yang cukup banyak, merupakan kejuaraan bergengsi bagi atlet sepatu roda di Indonesia. Semakin banyak mereka ikut, berarti memang diperhitungkan di tingkat nasional,"  lanjut Wahyu.

BACA JUGA:Hadiri Rakornas P2DD, Pj Walikota Malang Akan Percepat Proses Penerbitan Kartu Kredit Indonesia

Sebelumnya, kata dia, Kejurnas dilaksanakan di kawasan Jalan Besar Ijen. Dan di gelaran ke XI ini,  di Jalan Kertanegara, Kota Malang. Di karenakan, lokasi yang juga cukup strategis.

"Ini merupakan tempat bergengsi dan ada dukungan berada di pusat kota dan pusat pemerintahan daerah," pungkasnya.

Wahyu mengaku, implementasi Sport Tourism di Kota Malang saat ini 'Mbois Ilakes'. Kejuaraan ini terkait Sport Tourism. Ada lomba ada juga berwisata dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Pj Walikota Malang Tekankan Pentingnya Mengamalkan Pancasila

Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Kota Malang, Erman Hernadi mengatakan, event tersebut, 20 kelas dengan tiga bidang lomba yang dipertandingkan. Mulai kelompok umur hingga senior, diikuti ratusan peserta. 

Sumber: