335 Mahasiswa PMM4 Tanam Bibit Pohon dan Lepas Merpati di Coban Talun, Dukung Program SDGs Lingkungan

335 Mahasiswa PMM4 Tanam Bibit Pohon dan Lepas Merpati di Coban Talun, Dukung Program SDGs Lingkungan

Sebanyak 335 mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM4) yang berasal dari Sabang sampai Merauke mengadakan penanaman bibit pohon dan pelepasan merpati di Coban Talun, Batu. --

SURABAYA, MEMORANDUM - Sebanyak 335 mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM4) yang berasal dari Sabang sampai Merauke mengadakan penanaman bibit pohon dan pelepasan merpati di Coban Talun, Batu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Sustainable Development Goals (SDGs) lingkungan, khususnya mitigasi perubahan iklim.

Program SDGs memiliki urgensi tinggi terutama dalam aspek lingkungan, salah satunya perubahan iklim. Peningkatan aktivitas manusia seperti deforestasi, urbanisasi, dan polusi telah menyebabkan penurunan drastis dalam keanekaragaman hayati.

Acara bertema "Culture Camp & Sustainability" merupakan rangkaian penutupan dan kontribusi sosial dari para mahasiswa PMM4. Acara dibuka oleh Rektor UPN Jatim Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT.,IPU.

Koordinator PMM4 Dr. Farida Pulansari, ST., MT., CSCM., IPM., berharap kegiatan ini dapat mencapai tujuan pembelajaran dari modul nusantara, yaitu peningkatan cinta tanah air, eksplorasi alam, penguatan karakter bela negara, serta menyelesaikan konflik dan masalah di sekitar.

BACA JUGA:Ular Naga dan Engkle Jadi Permainan Tradisional Favorit Mahasiswa dari Sabang sampai Marauke

PIC Kegiatan Dewi Deniaty, S.E., MM menyampaikan bahwa acara dimulai dengan pembukaan, eksplorasi alam dan air terjun coban talun, malam pentas seni lagu medley nusantara, materi bela negara dari Rektor UPN "Veteran" Jatim, penanaman bibit alpukat, fun games dan outbound.

Dosen Modul Nusantara Farikha Rachmawati, M.I.Kom berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi generasi muda agar terus mencintai lingkungan. Hal terkecil yang dapat dilakukan adalah dengan membiasakan penggunaan tumblr bagi mahasiswa untuk mengurangi sampah plastik.

"Alam Indonesia sangat indah, perlu kita jaga sebaik mungkin," ujar Miftahul Jannah, Mahasiswa Asal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. (*)

Sumber: