Jelang Indonesia vs Irak, STY Minta Pemain Percaya Diri

Jelang Indonesia vs Irak, STY Minta Pemain Percaya Diri

Pelatih Shin Tae-yong dan bek Jordi Amat.-Istimewa-

JAKARTA, MEMORANDUM - Timnas Indonesia berpeluang besar lolos ke ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia apabila berhasil mengalahkan Irak pada 6 Juni atau Filipina 11 Juni.

Menghadapi tim kuat Irak pada Kamis besok 6 Juni 2024 pukul 16.00 WIB, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berharap bisa menang dan langsung lolos tanpa harus memikirkan pertandingan selanjutnya menghadapi Filipina.

BACA JUGA:Dapatkan Doorprize Menarik Surabaya Haji Umrah Expo di Royal Plaza 

Kedua pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Bermain di kandang dengan didukung penuh suporter setia timnas, pastinya akan menjadi motivasi lebih bagi Asnawi dkk. Apalagi menghadapi Irak, Stadion GBK akan full house alias tiket sold out.

Shin Tae-yong menekankan pentingnya kepercayaan diri para pemain saat menghadapi lawan yang di atas kertas berat karena menghuni peringkat ke-58 dunia. Apalagi, tiga pertemuan terakhir Indonesia vs Irak berakhir dengan kekalahan bagi Merah Putih di level senior (dua kali) dan U23 (sekali).

"Irak merupakan tim yang baik dan pastinya lebih kuat dibanding Indonesia, tetapi sekarang sudah waktunya kita bisa coba untuk meraih kemenangan,” kata Shin Tae-yong saat konferensi pers di Jakarta, Rabu 5 Juni 2024.

BACA JUGA:SKH Memorandum Gelar Surabaya Haji Umrah Expo, Edukasi Masyarakat Memilih Travel yang Kantongi Izin Resmi  

“Irak merupakan tim yang baik dan pastinya lebih kuat dibanding Indonesia, tetapi sekarang sudah waktunya kita bisa coba untuk meraih kemenangan. Jadi yang penting, para pemain bisa bermain dengan percaya diri, mungkin saja bisa membawa hasil yang baik,” jelasnya

Dalam pertandingan besok, STY belum bisa memastikan apakah Jay Idzes bisa diturunkan. Mengingat Jay baru saja mengantarkan klubnya Venezia menang dalam playoff promosi di Serie A dengan menang agregat 1-0 atas Cremonese.

“Untuk Calvin (Verdonk) bisa didaftarkan untuk pertandingan tanggal 11 lawan Filipina, tapi untuk pertandingan kali ini tidak akan bisa dimainkan. Untuk Jay (Idzes), baru tiba di Indonesia hari ini, saya akan cek dulu kondisi pemain seperti apa, setelah itu akan diputuskan Jay akan bermain atau tidak,” ujar pelatih 53 tahun itu.

BACA JUGA:Pentas Seni KB-TK Islam Terpadu Nada Ashobah Buka Pameran Surabaya Haji Umrah Expo 

Menghadapi Irak yang notabene salah satu tim kuat di Asia membuat peluang Jay Idzes bermain cukup terbuka lebar. Apalagi pelatih STY ingin cepat mengunci atau memastikan diri lolos ke ronde 3 bersama Irak.

Sedangkan untuk Calvin Verdonk yang baru semalam (4 Juni 2024) sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), dipastikan baru bisa bermain saat menghadapi Filipina. Kepastian itu diperoleh setelah proses peralihan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI sudah mendapat persetujuan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA). PSSI pun langsung mengirimkan surat persetujuan dari FIFA itu ke Federasi Sepakbola Asia (AFC).

Dalam dua pertemuan terakhir melawan Irak, Indonesia selalu menelan kekalahan. Meski memiliki catatan kurang bagus, Pelatih asal Korea Selatan itu tetap yakin anak-anak asuhnya akan dapat menampilkan performa apik, terutama saat bermain di kandang sendiri.

BACA JUGA:Kontrak Conte, Napoli Ingin Kembalikan Kejayaan 

“Memang pertandingan pertama, pertandingan kedua ada perbedaan kemampuan atau skill individu, ada juga yang sangat disayangkan. Tapi sekarang kita bertanding di home jadi saya berharap agar pertandingan ini menjadi pertandingan yang benar-benar adil bagi kedua belah pihak,” tuturnya.

Tingginya tekanan jelang laga membuat sempat beredar spekulasi mendekati kondisi kesehatan Shin Tae-yong. Hal itu diperkuat dengan kabar pelatih asal Korea Selatan dikabarkan mengunjungi rumah sakit belum lama ini.

STY lantas buka suara menjelaskan situasi kesehatannya. Shin Tae-yong mengaku dirinya sempat terserang flu dengan gejala berat, sehingga harus melakukan pemeriksaan ke rumah sakit.

BACA JUGA:Datangkan Hierro ke Al Nassr, Mantan Kapten Real Madrid Bergabung dengan Ronaldo 

"Hanya ada flu, tapi karena gejalanya agak parah jadi saya ke rumah sakit untuk cek," ucap Pelatih STY.

"Memang ada agenda check-up sedikit (di rumah sakit), tetapi saya baik-baik saja sekarang," tegasnya

Sementara itu bek timnas Jordi Amat mengatakan bahwa pertandingan menghadapi Irak sangatlah penting. Meskipun sulit ia akan bermain dengan sekuat tenaga karena senang dan bangga bisa memakai jersey Merah Putih.

“Seperti yang pelatih bilang, Irak merupakan tim yang menyulitkan, kami tahu itu. Namun, saya kira kami memainkan pertandingan yang bagus melawan mereka di Piala Asia 2023," kata pemain asal Johor Darul Ta'zim.

BACA JUGA:Polda Jatim Bongkar Korupsi Tukar Guling TKD 17 Hektare di Sumenep, Rugikan Negara Rp 114,440 Miliar 

“Kami harus bertahan dengan baik karena mereka memiliki banyak potensi di lini depan. Pada akhirnya kami harus memanfaatkan peluang kami. Kami berharap memiliki penampilan yang bagus besok di depan stadion yang penuh. Para suporter akan luar biasa. Jadi, kami akan memberikan yang terbaik dan memainkan permainan kami sendiri,” tukasnya. (*)

Sumber: