Sumur Tercemar Solar Proyek Terminal Tawang Alun, Warga Minta Ganti Rugi

Sumur Tercemar Solar Proyek Terminal Tawang Alun, Warga Minta Ganti Rugi

Lokasi Proyek Terminal Tawang Alun Jember-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Sumur milik warga di RT 04/RW 5 Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, JEMBER, Jawa Timur, tercemar solar akibat kebocoran tandon proyek renovasi terminal Tawang Alun. Hal ini dikeluhkan oleh Muhammad Wahyudi, salah satu warga terdampak.

Menurut Wahyudi, sumur miliknya menjadi keruh berminyak, berbau tidak sedap, dan tidak bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Ia menduga pencemaran tersebut berasal dari kebocoran tandon solar milik PT Indopenta Bumi Permai (IPB), kontraktor proyek.

"Air sumur saya tidak dapat digunakan lagi karena tercemar oleh minyak solar yang ada di proyek Tawang Alun," keluh Wahyudi saat dikonfirmasi di rumahnya, Selasa, 4 Mei 2024.

Wahyudi pun meminta ganti rugi kepada PT IPB atas kerusakan sumur miliknya. Ia berharap pihak perusahaan dapat menanggung biaya penggalian sumur baru atau penyambungan air PDAM.

BACA JUGA:Air Irigasi Tercemar, Petani Desa Tambakrigadung Terancam Gagal Panel

"Minta penggalian sumur, atau dialiri PDAM. Sumur ini sudah tidak bisa kita pakek lagi," ujar Wahyudi.

Peristiwa pencemaran ini telah berlangsung selama dua minggu, namun belum ada tindakan konkrit dari pihak PT IPB. Diperkirakan sedikitnya dua sumur di sekitar lokasi proyek terdampak kebocoran tandon solar tersebut.

Menanggapi hal ini, Staf PT IBP, Ahmad Reza, mengakui kelalaian perusahaannya dalam kejadian ini. Ia berjanji untuk bertanggung jawab dan menyelesaikan permasalahan dengan warga terdampak.

"Memang kesalahan dari kita. Soal solar yang merembes sudah seminggu, di perkiraan lebih dari 900 liter. Baru ketahuan setelah dilapori warga," ungkap Reza.

BACA JUGA:Awas Tercemar Limbah Tinja, Unicef Minta Warga Rutin Kuras WC

Reza menjelaskan bahwa kebocoran terjadi pada tandon solar yang digunakan untuk keperluan BBM alat berat proyek. Ia pun akan segera mengambil langkah-langkah perbaikan dan pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Kita akan bersihkan sumur warga yang tercemar dan akan ganti dengan air bersih. Kita juga akan perbaiki tandon solar yang bocor," tandasnya. (eko)

Sumber: