5 Metode Memasak yang Bikin Gizi Tak Hilang, Simak Cara Membuat Makanan Tetap Sehat dan Utuh

5 Metode Memasak yang Bikin Gizi Tak Hilang, Simak Cara Membuat Makanan Tetap Sehat dan Utuh

-freepik-

MEMORANDUM - Tahukah Anda, beberapa jenis vitamin larut dalam air, membuat beberapa metode memasak makanan tidak efektif karena dapat membuat gizi dalam makanan menghilang begitu saja.

Tapi, masih ada beberapa metode memasak yang dapat menjaga gizi tetap utuh dan tidak membuat gizi menghilang. Berikut ini beberapa metode memasak yang dapat Anda coba.

BACA JUGA:Ditinggal Messi, Inter Miami Bisa Apa?

1. Metode Memasak dengan Microwave

Microwave memanfaatkan gelombang mikro untuk memasak makanan, sehingga waktu memasak jadi lebih sebentar. Semakin sebentar proses pemasakan berlangsung, maka semakin utuh pulalah gizi yang terkandung di dalamnya.

BACA JUGA:Cetak 12 Gol, Messi Tinggalkan Inter Miami

2. Metode Merebus

Merebus dapat menjaga gizi makanan tetap ada, serta dinilai lebih sehat karena tidak mengandung banyak lemak seperti metode menggoreng. Tetapi, perlu diingat bahwa beberapa nutrisi penting seperti vitamin B dan vitamin C yang memang sifatnya akan larut terhadap air terancam hilang jika Anda merebus makanan dalam waktu yang lama.

BACA JUGA:Majelis Dzikir Al Khidmah Doakan Kejayaan Lamongan

3. Metode Mengukus

Mengukus adalah pilihan terbaik untuk menjaga makanan tetap utuh jika dilihat dari gizi dan nutrisinya. Metode mengukus tidak memiliki kekurangan yang dapat menghilangkan kandungan vitamin, serta menghindarkan Anda dari minyak sehingga lebih sehat dikonsumsi.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu dan Forkopimda Apresiasi Panen Raya Padi

4. Metode Memanggang

Memanggang dapat jadi salah satu opsi terbaik metode memasak makanan yang membuat gizi tetap ada sekaligus dapat mengurangi minyak berlebihan. Tapi, kekurangannya adalah adanya zat hidrokarbon yang memiliki potensi menyebabkan kanker serta membuat kandungan vitamin B dan mineral hilang menguap saat dipanggang.

Sumber: