Jangan Salah Posisi Makanan! 5 Tips Food Plating untuk Membuat Makanan Rumahan Terasa Lebih Enak dan Cantik

Jangan Salah Posisi Makanan! 5 Tips Food Plating untuk Membuat Makanan Rumahan Terasa Lebih Enak dan Cantik

-freepik-

MEMORANDUM - Menghias makanan rumahan tidak harus sulit. Dengan menggunakan teknik food plating, Anda dapat membuat hidangan makanan yang indah dan enak dipandang. Menurut Nisbets UK, food plating adalah proses menata dan mendekorasi makanan untuk mempercantik penyajiannya.

BACA JUGA:Ditinggal Messi, Inter Miami Bisa Apa?

Sebuah studi dari psikolog Oxford, Profesor Charles Spence, menunjukkan bahwa penyajian makanan yang cantik justru dapat membuat suatu hidangan terasa lebih enak. Berikut ini beberapa tips food plating yang dapat Anda tiru untuk membuat makanan yang cantik.

1. Porsi Kecil

Sajikan porsi makanan yang sedikit untuk membuat sajian makanan jadi cantik. Pilih tidak lebih dari 6 elemen atau bahan pada setiap hidangannya untuk mencegah makanan jadi terlihat "sesak" dan "penuh".

BACA JUGA:Cetak 12 Gol, Messi Tinggalkan Inter Miami

2. Pemilihan Piring

Pemilihan piring yang tepat adalah salah satu yang utama pada food plating. Ukuran, gaya, dan warna menjadi indikator penting dalam pemilihan piring, karena piring merupakan "kanvas" bagi makanan.

BACA JUGA:Majelis Dzikir Al Khidmah Doakan Kejayaan Lamongan

3. Warna Komplementer

Sajikan warna-warna komplementer untuk membuat makanan yang cantik. Menggunakan berbagai bahan pelengkap yang memiliki warna yang saling mengisi dapat membantu makanan jadi terlihat lebih indah dan enak dipandang.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu dan Forkopimda Apresiasi Panen Raya Padi

4. Garnish

Gunakan garnish sebagai dekorasi yang bisa dimakan. Tips penting menyajikan garnish dalam sebuah sajian makanan adalah harus dapat dimakan. Apapun jenis garnish tersebut, baik rempah-rempah, ramuan, ataupun bunga, semua harus bisa dimakan.

Sumber: