Bosan dengan Twitter? Jelajahi 5 Platform Sosial Menarik Ini

Bosan dengan Twitter? Jelajahi 5 Platform Sosial Menarik Ini

Twitter, dengan formatnya yang ringkas dan trending topicnya, telah menjadi platform favorit banyak orang. Namun, terkadang rasa bosan dan kebutuhan akan platform yang lebih beragam dapat muncul.--Unsplash

MEMORANDUM - Dunia media sosial bagaikan lautan luas yang menawarkan berbagai platform untuk terhubung, berbagi, dan berekspresi.

Twitter, dengan formatnya yang ringkas dan trending topicnya, telah menjadi platform favorit banyak orang. Namun, terkadang rasa bosan dan kebutuhan akan platform yang lebih beragam dapat muncul.

Walau memberikan kenyamanan bagi sebagian orang, tidak semuanya menyukai cara kerja Elon Musk dalam membentuk Twitter belakangan ini. Perombakan yang dilakukan Elon mulai dari mengganti nama dan logo ke X menuai kritikan dari sebagian pengguna.

Tak hanya pula nama yang berubah, berbagai kebijakan seperti membatasi jumlah tweet yang bisa dibaca perharinya waktu itu juga sempat menimbulkan kekacauan.

Elon juga hadirkan tanda centang yang kini dibagi dalam berbagai warna. Membuat sistem yang awalnya mudah menjadi lebih rumit.

Kalau kamu adalah orang yang sudah muak dengan apapun yang terjadi di Twitter dan ingin mencari alternatif media sosial sejenis, maka artikel ini tepat untuk kamu.

Karena sejatinya, masih banyak media sosial lain yang tidak kalah bagusnya secara fitur namun underrated.

BACA JUGA:Bye FOMO! Bebaskan Diri dari Jeratan Media Sosial dan Temukan Kebahagiaan Sejati

BACA JUGA:Buat Dirimu Semakin Trendy dengan Pahami Media Sosial Twitter

1. BlueSky
Dengan tampilan yang mirip media sosial milik Elon Musk ini, kalian tidak akan merasa janggal ketika mencoba main ke media sosial yang cukup populer sebagai alternatif Twitter. Hanya saja penggunanya mungkin belum begitu banyak.

2. Mastodon
Platform ini menawarkan pengalaman Twitter yang lebih desentralisasi dan bebas iklan. Di Mastodon, Anda dapat bergabung dengan berbagai komunitas ("instance") sesuai minat, terhubung dengan pengguna global, dan menikmati fitur-fitur menarik seperti hashtag, polling, dan GIF.

3. Facebook
Walau sekilas terlihat tidak perlu dijelaskan lebih lanjut, sebenarnya ada juga beberapa pengguna Twitter yang tidak menggunakan Facebook loh. Kalau kalian termasuk diantaranya, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk mencoba.

4. Threads
Dibuat sebagai saingan Twitter, Meta merilis media sosial ini ketika burung biru kala itu tengah terpuruk dengan berbagai kebijakan aneh Elon Musk. Sempat booming namun kini telah meredup, hanya saja tetap ada saja fans yang loyal menetap disana. Ditambah dengan integrasi ke Instagram bisa jadi alasan juga kamu harus mencoba media sosial ini.

5. Reddit
Memang Reddit tidaklah bisa diakses secara resmi di Indonesia. Namun, itu bukan berarti ia adalah media sosial yang tidak informatif. Banyak thread Reddit yang sangat informatif terutama tentang Indonesia loh.

Jadi itulah 5 alternatif Twitter yang bisa jadi media sosial berikutnya yang kamu sambangi. Apa menurutmu yang menjadi kelebihan Twitter dibanding media sosial lainnya? (mg20)

 

Sumber: