Pj Wali Kota Batu dan Forkopimda Apresiasi Panen Raya Padi

Pj Wali Kota Batu dan Forkopimda Apresiasi Panen Raya Padi

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dan Forkopimda melakukan panen raya.--

BATU, MEMORANDUM - Kelompok tani Kota Batu mendapatkan apresiasi dalam upaya meningkatkan produktivitas dalam mendukung ketersediaan bahan pangan

Ini ditandai dengan kegiatan panen raya padi yang dilakukan oleh Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai bersama Forkompimda dan kelompok tani, di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Sabtu 01 Juni 2024.

Diketahui, Desa Pendem memiliki luasan potensial padi sebanyak 250 hektar, tetapi dalam satu tahun hanya mampu 1 kali smpai 2 kali panen, dikarenakan kekurangan suplai air sehingga tidak sampai panen sebanyak 3 atau 4 kali. 

Petani berharap mendapat bantuan swadaya berupa pemasangan air bawah tanah untuk mengaliri hamparan sawah supaya potensi luasan padi bisa maksimal mencapai 400 sd 600 hektar. Sedangkan, produtivitas padi setahun 6.21 %.

BACA JUGA:Rapat Paripurna DPRD Kota Batu, Pj Wali Kota Aries Agung Harap Penguatan Sinergi

Pj Wali Kota Batu menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan kelompok tani di Desa Pendem, yang berhasil melaksanakan panen raya di lahan seluas 32 hektar.

“Struktur sarana pertanian harus segera dilengkapi, karena mereka adalah pahlawan kita di bidang pangan. Agar kita segera komunikasikan dengan pemerintah pusat dan TNI mungkin ada inovasi yang bermanfaat di bidang pertanian saya lihat banyak sekali alat yang bisa dimanfaatkan oleh petani,” kata Pj Aries.

Menurutnya, meskipun Kota Batu tidak memiliki lahan yang luas untuk tanaman padi, kelompok tani di Desa Pendem berhasil melaksanakan panen kali ini, sehingga Pj Wali Kota mengungkapkan rasa syukurnya atas keberhasilan tersebut.

“Adapun pembangunan di sektor pertanian Kota Batu semakin membaik berkat partisipasi masyarakat, kelompok tani, pihak desa, bahkan TNI dan Polri yang bersama-sama memajukan pertanian di Kota Batu,” katanya. 

Ia berharap keberhasilan Desa Pendem dalam mengelola lahan pertanian dapat menjadi wilayah yang bisa diunggulkan dan menjadi andalan di sektor pertanian tanaman pangan di Kota Batu.

“Dengan berbagai terobosan, tidak hanya komoditi padi saja, namun juga tanaman lainnya, seperti sayur mayur yang telah menjadi unggulan, mampu meningkatkan daya saing wilayah Kota Batu dan menjadikannya lebih makmur dan Sejahtera,” harapnya.

BACA JUGA:Mendorong Investasi dan Pengembangan Wisata, Pj Wali Kota Batu Buka Event Batu Bisnis Festival 2024

Sementara itu, Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu Letkol Infanteri Yudo menyampaikan bahwa sebagai sinergitas kebijakan, telah dibangun kolaborasi antara TNI AD dengan Kementerian Pertanian, terutama dalam membantu para Petani dalam mengatasi berbagai kendala peningkatan produksi padi.

“Sebagai tindak lanjut sinergitas kebijakan tersebut, Dandim juga menyampaikan bahwa di wilayah teritorial Kodim 0818 Malang - Batu, telah dilaksanakan berbagai program untuk membantu petani padi, antara lain dengan program pompanisasi untuk mengatasi kendala air irigasi pertanian,” ujarnya. (nik)

Sumber: