Harddisk Rusak? Ini 7 Tanda yang Harus Diperhatikan Segera

Harddisk Rusak? Ini 7 Tanda yang Harus Diperhatikan Segera

Kinerja dari harddisk sangat mempengaruhi kinerja komputer atau laptop kalian secara keseluruhan.--pexel

MEMORANDUM - Pernahkah kalian merasa PC atau laptop berjalan lebih lambat dari biasanya? Atau mungkin sering mengalami hang atau freeze ketika sedang asyik-asyiknya main game atau menyelesaikan pekerjaan penting?

Jika hal tersebut sedang kalian alami, maka artikel ini mungkin perlu kalian baca.

Harddisk atau HDD adalah bagian vital dari komputer atau laptop kalian. Ia adalah tempat dimana semua data tersimpan, mulai dari foto, tugas kuliah, sampai game favorit yang sedang dimainkan.

Kinerja dari Harddisk sangat mempengaruhi kinerja komputer atau laptop kalian secara keseluruhan. Jika HDD mulai bermasalah, maka sudah dapat dipastikan kinerja PC atau laptop ikutan menurun.

Namun, kapan saat yang tepat untuk mengganti Harddisk? Nah, pertanyaan inilah yang akan kita coba jawab dalam artikel ini. Tentunya, kita tidak bisa sembarangan mengganti Harddisk, bukan?

Karena ketika kita mengganti HDD, kita juga harus memindahkan data di dalamnya terlebih dahulu, yang mana juga bukan pekerjaan dengan durasi sebentar. Jadi, yuk kita cari tahu lebih lanjut kapan sebaiknya kita mengganti Harddisk.

Kali ini akan dibahas beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Harddisk kalian mungkin sudah membutuhkan penggantian, dan apa yang bisa dilakukan untuk memastikan apakah memang saatnya untuk mengganti HDD.

1. Pernah Terjatuh/Terbentur

HDD kalian sudah pernah terjatuh dari ketinggian atau mungkin terbentur secara tidak sengaja, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk was-was. Soalnya, jatuh atau terbentur ini besar kemungkinan akan merusak piringan di dalam Harddisk tersebut.

BACA JUGA:Hipotesis Nick Bostrom: Apakah Kita Hidup di Dalam Komputer Super?

BACA JUGA:5 Kesalahan Pemakaian Laptop yang Harus Dihindari

Piringan tersebut berfungsi sebagai penyimpanan data yang tentu tidak boleh sampai tergores ataupun pecah. Kalau sudah rusak ya apa boleh buat, relakan saja data di dalamnya. Meskipun belum, ada baiknya untuk waspada mulai dari sekarang dan siapkan dana untuk beli HDD backup.

2. PC Terasa Lemot

Spesifikasi sudah mumpuni tapi PC atau laptop terasa lemot bukan main? Mungkin umur harddisk sudah tinggal sebentar brott. Pasalnya, HDD yang sudah lemah biasanya tidak lagi punya kemampuan membaca dan menulis data dengan cepat.

Hasilnya, PC jadi terasa lemot meskipun tidak ada yang salah dengan komponen lainnya. Kalau sudah gitu, solusi satu-satunya ya harus ganti HDD atau gunakan SSD yang lebih ngebut.

3. Kesehatan HDD Menurun

Tanda-tanda harus ganti HDD berikutnya adalah kesehatannya sudah menurun. Cara melihatnya kalian bisa gunakan software pihak ketiga yang memang dikhususkan untuk itu. Mulai dari temperatur, dan kecepatan R/W yang terasa aneh, penyebabnya bisa jadi karena bad sector yang berujung membuat HDD kalian rusak.

4. Sering Blue Screen

Kalau kalian masih menggunakan HDD sebagai boot drive, dan sering mengalami BSoD. Waspada karena bisa saja itu merupakan tanda-tanda kalian sudah harus segera ganti harddisk. Seringnya juga ditandai dengan PC atau laptop menjadi lambat, kalau sudah gitu mending tidak perlu ambil resiko dan langsung ganti baru aja brott.

5. Booting Sangat Lama

Seberapa moment mau ditunggu
Memang sejatinya booting dengan HDD terasa lambat. Tapi, kalau kasusnya ini terjadi secara ekstrim dan tiba-tiba, mungkin ini wangsit yang menyuruh kalian sudah seharusnya ganti harddisk.

Sama seperti penyebab yang lain, harddisk memang punya umur pakai dan sering kalinya malah menyebabkan masalah menyebalkan. Kalau sudah gitu, mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk ganti ke SSD sebagai boot drive.

6. Muncul Suara Aneh dari Harddisk

Dasarnya HDD merupakan penyimpanan dengan metode mekanis. Bagian dalam harddisk masih menggunakan piringan hitam dengan head untuk membaca dan menulis data di dalamnya.

Maka dari itulah sebenarnya ia rentan rusak dan sangat sensitif. Jadi, kalau HDD kalian sudah muncul suara aneh yang tidak seharusnya muncul, itu adalah pertanda kalian sudah harus ganti baru.

7. Beberapa Data Corrupt

Bila data di dalam HDD tiba-tiba tidak dapat diakses karena alasan corrupt, itu bisa jadi karena ia sudah mulai bad sector. Kalau sudah seperti itu, biasanya yang bisa dilakukan hanyalah mengganti dengan HDD baru.

Jadi itulah beberapa pertanda kapan seharusnya ganti harddisk. Apakah kalian pernah mengalami hal seperti itu sebelumnya? (mg20)

Sumber: