Pj Bupati Tulungagung Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Pj Bupati Tulungagung Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Pj Bupati Heru Suseno saat upacara Hari Lahir Pancasila 2024.--

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Pemkab Tulungagung menggelar upacara Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan pada Sabtu 1 Juni 2024.

Upacara dipimpin oleh Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno, dan dilaksanakan di halaman kantor pemkab. Sejumlah stakeholder hadir mengikuti upacara bersama instansi terkait, termasuk veteran dan pelajar di Tulungagung.

BACA JUGA:Pj Bupati Tulungagung dan Sekda Kunjungi KPA, Dukung Penanggulangan AIDS di Kota Marmer

Ditemui usai upacara, Pj Bupati Heru Suseno mengatakan, Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni diperingati sebagai hari besar nasional setiap tahunnya. Dan pada tahun 2024 ini, tema yang diangkat adalah Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

"Pancasila sebagai jendela pemersatu bangsa terlihat dari meningkatnya kerukunan umat beragama, rasa toleransi, dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila," ujarnya.

Heru Suseno mengungkapkan, pihaknya  menyoroti tugas besar Pemkab Tulungagung dalam upaya menyinkronkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) 2025 - 2045 dengan RPJP Nasional sebagai upaya menyongsong Indonesia Emas.

Pihaknya menyebut, penyampaian pendidikan Pancasila kepada pelajar perlu disesuaikan dengan kondisi saat ini. Meskipun, Pancasila sudah menjadi bagian dari kurikulum.

BACA JUGA:Pimpin Apel Besar, Pj Bupati Tulungagung Sampaikan Pentingnya Netralitas ASN

BACA JUGA:Pj Bupati Tulungagung Lepas 1.200 Jemaah Haji 2024 ke Tanah Suci

Masih menurut Pj Bupati Heru, selain dalam hal pendidikan, penerapan Pancasila juga dilakukan dalam penerimaan CASN. Yakni dengan memasukkan unsur Pancasila dalam tes CASN.

"Penanaman nilai-nilai luhur Pancasila dirasa penting tidak hanya dalam pendidikan, tetapi dalam segala aspek kehidupan," pungkasnya. (fir/fai)

Sumber: