Inilah Penyebab Kuku Hitam dan Cara Mengatasinya

Inilah Penyebab Kuku Hitam dan Cara Mengatasinya

Cara mengobati garis hitam di kuku--

MEMORANDUM - Kuku hitam terjadi ketika ada darah yang menggumpal di bawah kuku. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari cedera hingga efek samping pengobatan tertentu.

Untuk mengatasinya, ada beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan. Berikut ini penyebab dan cara mengatasinya :

BACA JUGA:Tips Merawat Kuku Supaya Sehat dan Cerah

Penyebab kuku hitam

1. Cedera 

Penyebab kuku hitam yang paling umum adalah cedera. Cedera dapat menyebabkan perdarahan di bawah kuku kaki akibat pecahnya pembuluh darah di area tersebut. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut juga dengan hematoma subungual.

2. Infeksi

Infeksi bakteri atau jamur yang menyerang dapat menyebabkan kuku menebal, rapuh, dan berbau tidak sedap. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

3. Melanoma kuku

Melanoma kuku (melanoma subungual) adalah kanker kulit yang terjadi di bawah kuku. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya garis vertikal berwarna gelap yang terlihat pada kuku

4. Cantengan (ingrown toenails)

Cantengan adalah tumbuhnya ujung kuku ke dalam kulit di sekitarnya. Bila dibiarkan, cantengan bisa memicu infeksi bakteri yang akhirnya membuat kuku berubah warna menjadi lebih gelap. 

5. Kemoterapi

Penyebab lain kuku hitam adalah efek samping obat-obatan, terutama yang dilakukan dalam jangka panjang, seperti kemoterapi. Perubahan warna pada kuku biasanya muncul 1–2 bulan setelah menjalani kemoterapi. 

Sumber: