Pertebal Keimanan dan Rohani Anggota, Polres Jember Rutin Gelar Binrohtal

Pertebal Keimanan dan Rohani Anggota, Polres Jember Rutin Gelar Binrohtal

DR. KH. Abd. Hamid Pujiono M.Ag, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember, saat memberikan tausiyah-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Polres Jember menggelar Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) rutin setiap hari Selasa pagi sebagai upaya untuk meningkatkan mental dan spiritual para anggota. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Maljaul Abidin Polres Jember dan diikuti oleh seluruh anggota Polres Jember serta Polsek jajaran yang mengikuti secara virtual melalui Zoom.

Binrohtal kali ini diisi dengan pembacaan Surat Yasin dan ceramah keagamaan dengan tema Junjung Persatuan dan Persaudaraan demi Kemaslahatan yang Lebih Besar yang disampaikan oleh DR. KH. Abd. Hamid Pujiono M.Ag, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember.

Dalam ceramahnya, KH Abdul Hamid menekankan pentingnya menjaga persaudaraan, kebersamaan, dan persatuan, yang dapat dilakukan melalui ta'aruf atau saling mengenal. "Langkah kita merawat persaudaraan, kebersamaan, dan persatuan dengan cara ta'aruf yang merupakan perintah Allah, yaitu ta'arufu saling kenal, utamanya ta'aruf dengan tetangga," ungkapnya, Selasa 28 Mei 2024.

KH Abdul Hamid juga menyampaikan bahwa dengan pengenalan yang lebih dalam satu sama lain, baik di lingkungan kerja maupun di masyarakat, kita bisa menciptakan ikatan yang kuat dan harmonis. Persatuan yang terjalin dengan baik akan membawa kemaslahatan dan kedamaian yang lebih besar, baik dalam lingkup kepolisian maupun dalam masyarakat secara umum.

BACA JUGA:Kapolres Jember Berikan Penghargaan kepada Anggota dan Warga Sipil atas Kinerja Luar Biasa

Kapolres Jember, AKBP Bayu Pratama Gubunagi S.H, S.I.K, M.Si, yang diwakili oleh Kabag SDM Kompol Nurmala, menjelaskan bahwa kegiatan pengajian dan tausiyah rutin ini merupakan bagian dari program pembinaan untuk membentuk karakter anggota Polres Jember. "Pengajian dan tausiyah rutin ini sebagai wadah pembinaan untuk membentuk karakter anggota Polres Jember agar menjadi lebih humanis dalam melayani masyarakat," jelas Kompol Nurmala.

Kompol Nurmala juga menambahkan bahwa pembinaan rohani ini sangat penting untuk meningkatkan integritas dan moral anggota kepolisian. Dengan bekal rohani yang kuat, diharapkan anggota Polres Jember dapat menjalankan tugas dengan lebih baik, penuh tanggung jawab, dan mengedepankan sisi humanis dalam setiap pelayanan kepada masyarakat.

Selain pengajian dan tausiyah, kegiatan Binrohtal ini juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat hubungan antar anggota kepolisian serta dengan tokoh agama. Dengan adanya kegiatan rutin seperti ini, diharapkan bisa membangun hubungan yang harmonis dan saling mendukung antara kepolisian dan masyarakat.

Binrohtal di Polres Jember menjadi salah satu upaya nyata dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kepolisian, tidak hanya dari sisi keterampilan dan profesionalitas tetapi juga dari sisi spiritualitas dan moral. Melalui kegiatan ini, Polres Jember berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan dasar akhlak yang baik dan sikap yang humanis.

BACA JUGA:Kurangi Balap Liar, Satlantas Polres Jember Gandeng IMI Gelar Latber Dragsetting

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama, memohon keberkahan dan keselamatan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Seluruh peserta tampak khidmat mengikuti doa yang dipimpin oleh KH Abdul Hamid, berharap agar bimbingan rohani ini dapat terus menjadi bagian integral dari rutinitas di Polres Jember.

Dengan keberlanjutan kegiatan Binrohtal ini, diharapkan anggota Polres Jember dapat selalu termotivasi untuk meningkatkan kualitas diri dan kinerja, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, demi terciptanya lingkungan yang aman, damai, dan harmonis.(edy)

Sumber: