Fitur Windows 11 yang Tidak Penting dan Sebaiknya Dimatikan

Fitur Windows 11 yang Tidak Penting dan Sebaiknya Dimatikan

Windows 11 menawarkan berbagai fitur baru dan update terkini yang menjanjikan pengalaman yang lebih baik.--Unsplash

MEMORANDUM - Era digital yang dinamis ini, Windows 10 telah menjadi sistem operasi populer bagi banyak pengguna komputer. Namun, seiring perkembangan teknologi yang pesat, Microsoft menghadirkan Windows 11 sebagai versi terbaru.

Bagi sebagian orang, mencoba teknologi terbaru merupakan daya tarik tersendiri. Windows 11 menawarkan berbagai fitur baru dan update terkini yang menjanjikan pengalaman yang lebih baik.

Namun, implementasi teknologi baru tak selalu berjalan mulus. Beberapa pengguna mungkin menemukan fitur yang tidak sesuai kebutuhan, ketidaknyamanan kecil, bahkan bug yang mengganggu.

1. Widgets
sangat jarang bisa menemukan pengguna Windows yang menggunakan fitur ini. Terlebih kalau kamu hanya peduli terhadap aplikasi pihak ketiga dan tidak memerlukan apapun yang disediakan pada fitur Windows ini.

Untuk mematikan atau menghilangkan shortcut dari taskbar, cukup klik kanan pada taskbar, pilih taskbar settings. Lalu toggle ke off bagian widgets. Dengan begitu, kalian tidak akan dibuat kesal dengan shortcut yang menumpuk dan tidak akan digunakan juga.

BACA JUGA:Cara Atasi Disk Unknown Not Initialized HDD pada Windows

BACA JUGA:Anti Ribet! One UI 5.1.1 Samsung Galaxy Z Flip 5, Ini Trik Personalized Flex Window

2. Copilot

Fitur AI Copilot di Windows 11 menghadirkan berbagai fungsi asisten cerdas untuk membantu pengguna dalam berbagai aktivitas. Namun, beberapa pengguna mungkin tidak menyukai atau membutuhkan fitur ini. Panduan ini menyediakan langkah-langkah terperinci untuk menonaktifkan Copilot, baik melalui metode mudah maupun metode lanjutan.

Kalau kamu mau selangkah lebih niat, kamu bisa juga mematikan fitur ini seutuhnya. Caranya dengan tekan Win + R lalu tuliskan ‘gpedit.msc’ untuk membuka Group Policy Editor. Cari path User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Copilot. Lalu klik kanan tulisan turn off Windows Copilot dan pilih edit. Pas di bagian enable, ganti ke disable, apply, ok, dan restart Komputer,

3. Bing Search Highlight
Bisa dikatakan hampir tidak ada. Sayangnya, fitur search di Windows 11 masih memperlihatkan hasil pencarian dari Bing loh. Tapi, ada obatnya kok.

Pertama kamu masuk ke Settings, lalu pilih menu di kiri bernama Privacy & Security. Selanjutnya pilih search permissions dan scroll sedikit ke bawah sampai ketemu more settings. Tinggal matikan toggle ‘Show search highlights’ dan selesai.

4. Game Bar

Kalau kamu adalah gamer yang tidak memainkan game menggunakan app Xbox dan berlangganan PC Game Pass, rasanya tidak perlu mengaktifkan fitur Game Bar. Terlebih jika kamu sudah memiliki aplikasi screen record pihak ketiga seperti dari NVIDIA ata OBS misalnya.

Buat mematikan fitur ini, tinggal masuk ke Settings, pilih menu Gaming dan klik Game Bar. Di menu paling atas yang ada tulisan allow, toggle-nya diarahkan ke off. Masalah pun selesai.

Itulah beberapa fitur di Windows 11 yang sepertinya tidak cukup penting dan jarang pula digunakan. (res)


Sumber: