Polres Malang Terus Berkomitmen Dampingi dan Dukung Difabel

Polres Malang Terus Berkomitmen Dampingi dan Dukung Difabel

Kapolres Malang saat serahkan alat bantu dengar-Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Kepala Kepolisian Resor Malang, AKBP Putu Kholis Aryana menyalurkan bantuan alat bantu dengar kepada komunitas difabel Kabupaten Malang. Penyerahan bantuan dilakukan di Mapolres Malang, pada Selasa 21 Mei 2024 dan harapan baru bagi para penerima untuk dapat beraktivitas lebih maksimal.

Sebagai wujud komitmen Polres Malang dalam mendampingi dan dukungan pada kaum difabel, dengan diberikannya bantuan alat bantu dengar pada dua orang difabel (tuna rungu-red). Bantuan kali ini diberikan pada dua penerima, yakni Imam Asrori (36) warga kecamatan Kepanjen, dan Galang Bayu (14) pelajar asal kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang. Kedua penerima masing-masing mendapatkan dua set alat bantu dengar merk Oticon, yang telah dipesan khusus dan diukur sesuai kenyamanan saat digunakan oleh masing-masing. 

"Bantuan ini salah satu bentuk komitmen Polres Malang, terus berusaha membantu warga kabupaten Malang yang membutuhkan," ujar, AKBP. Putu Kholis Aryana seusai menyalurkan bantuan.

Penyerahan alat bantu dengar yang berlangsung di lobby Mapolres Malang, disaksikan langsung oleh Ketua Bhayangkari Cabang Polres Malang, Ny Ujik Putu Kholis, dengan didampingi tim Kedokteran Kepolisian Polres Malang yang memberikan petunjuk pemakaian dan pemeliharaan alat tersebut.

BACA JUGA:PG Kebon Agung dan Satlantas Polres Malang Sosialisasi UU 22 Tahun 2009 kepada Sopir Angkut Tebu

Diketahui Imam Asrori salah satu penerima, mengalami gangguan pendengaran sejak remaja dan telah menggunakan alat bantu dengar selama sepuluh tahun terakhir. Namun alat yang selama ini dipakai sudah rusak, sementara Galang Bayu, seorang pelajar di SLB BC PGRI Sumberpucung kabupaten Malang, telah menyandang disabilitas sejak kecil dan memerlukan alat bantu dengar untuk menunjang aktivitas belajarnya.

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana menyampaikan bahwa pihaknya telah berinteraksi cukup lama dengan penyandang disabilitas di Kabupaten Malang. Kepedulian ini diwujudkan dengan memberikan bantuan dan dukungan sarana untuk memudahkan aktivitas sehari-hari mereka.

"Hari ini kami membantu kedua rekan difabel, Mas Galang dan Mas Asrori, yang memiliki keterbatasan pendengaran dengan memberikan alat bantu dengar. Semoga alat yang sudah diterima itu berdungsi maksimal, guna menunjang aktifitas mereka sehari hari," kata, Kholis

Kapolres menambahkan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk mendampingi dan memberikan semangat serta dukungan kepada rekan-rekan yang berkebutuhan khusus di Kabupaten Malang. Beberapa inisiatif yang telah dilakukan termasuk memberikan bantuan untuk merintis usaha dan alat-alat untuk mendukung mobilitas.

BACA JUGA:Lima Pemuda Asal NTT Digelandang Polres Malang, Bikin Onar di Rumah Kontrakan

"Komitmen kami akan terus mendampingi dan memberikan semangat serta dukungan kepada rekan-rekan yang berkebutuhan khusus di kabupaten Malang," imbuhnya.

Kholis juga menyatakan, bahwa pihaknya akan terus memberikan bantuan dan fasilitas kepada penyandang disabilitas secara bertahap dan berkesinambungan, berdasarkan masukan dan kebutuhan yang ada.

"Kami akan terus berusaha untuk mendukung teman-teman difabel, sesuai dengan apa yang mereka butuhkan," tegas Kholis.

Sementara itu, Imam Asrori salah satu penerima bantuan mengaku senang atas bantuan yang diberikan oleh Kapolres Malang. Ia mengatakan bahwa alat bantu dengar yang baru jauh lebih halus suaranya dan nyaman saat digunakan.

Sumber: