Orang Baik di Waktu yang Tidak Tepat

Orang Baik di Waktu yang Tidak Tepat

Bupati LSM LIRA Kabupaten Sidoarjo Ir Winarno SH MHum-Biro Sidoarjo-

SIDOARJO, MEMORANDUM - Skandal korupsi yang melibatkan Bupati SIDOARJO (nonaktif) Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) masih menjadi pembicaraan hangat bukan saja di kota Delta, tetapi hingga kota-kota di pelosok tanah air. Terlebih bukan Gus Muhdlor saja yang terjerat skandal korupsi, dua bupati sebelumnya juga kesandung masalah hukum dan sama-sama masuk penjara.

Pertanyaannya, benarkah kursi W1 (Bupati Sidoarjo) panas dan mendapat kutukan? Melihat back groundnya, bupati terakhir adalah seorang santri yang taat beribadah. Ia dikenal orang baik. Tidak neko-neko dan bisa dibilang bupati termuda di Indonesia.

Ribut-ribut soal skandal korupsi yang melibatkan Gus Muhdlor, Bupati LSM LIRA Kabupaten Sidoarjo Ir Winarno SH MHum pun akhirnya angkat bicara. Kepada Memorandum, Jumat 17 Mei 2024, Mas Win (sapaan akrab Winarno) berkomentar pendek. "Gus Muhdlor orang yang baik di waktu yang tidak tepat," ujarnya.

Mas Win menyebutkan, Gus Muhdlor terjerat KPK akibat cuitan anak buahnya sendiri. "Kita semua tahu jika kita treasing, penggunaan uang negara hampir di pastikan ada penyalahgunaan. Hal itu kita kembangkan dari penyataan KPK.

BACA JUGA:Praktisi Hukum Angkat Bicara soal Korupsi yang Melibatkan Gus Muhdlor

Dalam sebuah seminar, KPK menyampaikan semua pengguna uang negara dipastikan ada pelanggaran yang cenderung ke arah korupsi," jelasnya. 

LSM LIRA sebagai lembaga swadaya masyarakat pegiat antikorupsi, lanjut Mas Win, selalu menyuarakan akan bahayanya tindak pidana tersebut. 

"Ibarat pepatah, tak ada gading yang tak retak, sebagai prakteknya tak ada orang yang sempurna dan atau pejabat pengguna uang negara yang benar-benar bersih," jlentrehnya.

Karena itu, susul Mas Win, pihaknya sebagai civil society terus konsis berjuang menyuarakan stop perilaku korupsi. "Cegah sedini mungkin dari giat yang memicu terjadinya tindak pidana korupsi. Jangan sampai terjadi lagi korupsi di Sidoarjo di masa mendatang. Apalagi sampai melibatkan orang nomer satu di pemkab. Semoga ini yang terakhir dan Sidoarjo ke depan akan bebas dari korupsi," tandas Mas Win.(jok)

Sumber: