155 PPK Pilkada di Surabaya Dilantik

155 PPK Pilkada di Surabaya Dilantik

Pelantikan ratusan PPK di kantor KPU Surabaya. -Arif Alfiansyah-

SURABAYA, MEMORANDUM - Sebanyak 155 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang bertugas dalam Pilkada serentak 2024, resmi dilantik di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Kamis 16 Mei 2024.

Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi menjelaskan bahwa PPK yang dilantik hari ini sebanyak 155 orang. Setiap kecamatan ada 5 PPK dan di Surabaya ini ada sebanyak 31 kecamatan, sehingga totalnya ada 155 orang.

Menurutnya, setelah PPK ini dilantik, maka agenda selanjutnya yang harus diikuti oleh PPK itu adalah bimtek. Dalam bimtek tersebut, nantinya PPK itu akan diberikan pemahaman soal tugas, kewajiban, dan wewenang PPK dalam Pilkada 2024.

BACA JUGA:Pasca Menang Lawan Newcastle, Bruno Fernandes: Saya akan Bertahan jika Manchester United Menginginkan

“Apalagi dalam Pilkada 2024 ini kan kebetulan Surabaya juga bersamaan dengan pelaksanaan pilgub ya secara serentak. Jadi, memang tugasnya agak berbeda, ada tambahan lah dibanding dengan tugas PPK Pilkada sebelumnya,” kata Nur Syamsi.

Setelah bimtek, agenda yang terdekat adalah rekrutmen panitia pemungutan suara (PPS) yang mana penetapannya harus dilakukan pada tanggal 26. Selanjutnya, PPK dan PPS akan berkoordinasi untuk melakukan pemutaakhiran data pemilih. 

BACA JUGA:Kapolres AKBP Adhitya Panji Anom Hadiri Pembukaan Job Fair 2024 Kabupaten Gresik

"Semoga semuanya berjalan lancar,” jelasnya. 

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang menghadiri pengambilan sumpah anggota PPK pemilihan gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota di Surabaya tahun ini berharap Pilkada Serentak tahun 2024 ini bisa berjalan dengan aman, nyaman, dan bisa berjalan sebagai saudara yang tidak mudah terpecah belah.

BACA JUGA:Imigrasi Malang Turut Sukseskan Pemberangkatan CJH Kota Malang Tahun 2024

“Pilkada ini hanya kepentingan duniawi dan hanya sesaat. Jadi, jangan sampai Pilkada ini bisa merusak tali silaturahmi yang sudah sejak dulu kita jalan di Kota Surabaya. Apalagi, Surabaya ini dibangun dengan rasa kekeluargaan, Surabaya ini dibangun dengan rasa keguyuban dan kerukunan, jadi jabatan dan kekuasaan itu hanya bersifat sementara di Kota Surabaya,” tegas Wali Kota Eri seusai pelantikan PPK.

BACA JUGA:Klaim Cagar Budaya, Destinasi Wisata Keraton Malowopati di Lamongan Tak Berizin

Selain itu, ia juga meminta secara khusus kepada para PPK itu untuk terus melakukan sosialisasi apabila nantinya sudah mulai bergerak di tengah-tengah masyarakat. Sosialisasi itu tentu untuk memberikan pengetahuan agar masyarakat bisa memilih pemimpinnya di Pilkada Tahun 2024 ini.

BACA JUGA:Praktisi Hukum Angkat Bicara soal Korupsi yang Melibatkan Gus Muhdlor

Sumber: