Hadiri TPO Regional Meeting 2024 Malaysia, Pj Wali Kota Aries Promosikan Potensi Pariwisata Kota Batu

Hadiri TPO Regional Meeting 2024 Malaysia, Pj Wali Kota Aries Promosikan Potensi Pariwisata Kota Batu

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai promosikan Kota Batu.-Biro Malang Raya-

BATU, MEMORANDUM - Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dalam rangkaian kegiatan TPO (Tourism Promotion Organization) Regional Meeting 2024 for Malaysian Members di Kuantan City, Malaysia, memaparkan beragam potensi pariwisata dan produk unggulan UMKM Kota Wisata Batu, Senin, 13 Mei 2024.

BACA JUGA:Samakan Persepsi tentang Pelindungan Hak Keperdataan Perwalian Anak dan Orang di Bawah Pengampuan

Pj Aries membahas tentang beragam potensi wisata Kota Batu yang didukung 137 akomodasi, dengan 257 pelaku jasa pariwisata, 1.278 aneka kuliner (restoran, kafe, dan usaha kuliner lain, serta 47 destinasi tujuan wisata baik alam maupun buatan). Juga membahas tentang 17 sub sektor yang dimiliki dan beragam potensi kebudayaan.

Berdasar pada data yang dirilis oleh disparta pada Triwulan IV Tahun 2023, target kunjungan wisatawan tercapai sebesar 10.116.570, dengan wisatawan mancanegara mencapai 10.821 orang. Dan tentunya menjadi tantangan di Tahun 2024 sebesar 11 hingga 12 juta wisatawan dengan grafik yang terus naik. 

BACA JUGA:Bartender Curz Lounge Vasa Hotel Terancam Hukuman Seumur Hidup

Hal Ini membuktikan bahwa Kota Batu menjadi salah satu destinasi kunjungan terbaik di Jatim. Melalui industri pariwisata, pertanian, dan UMKM-nya, perputaran uang di kota ini diperkirakan tembus Rp 215 miliar dengan rata-rata pengeluaran wisatawan berkunjung Rp 1,8 juta/orang.

Kondisi tersebut tentunya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Kota Batu pada tahun 2023 mencapai 6,19 persen, didukung dengan lapangan usaha jasa lainya mengalami pertumbuhan paling tinggi sebesar 9,92 persen.

BACA JUGA:Sopir Fortuner Maut di TNBTS Dimakamkan di Malang

Sedangkan untuk Nilai Investasi Pemerintah Kota Batu Tahun 2023 dari target Rp 700 miliar, tercapai realisasi Rp 1,53 triliun dengan 19 penanaman modal asing (PMA) dan 102 penanaman modal dalam negeri (PMDN). Dan di Tahun 2024 pada kuartal pertama investasi di Kota Batu jika dibandingkan year on year dengan tahun 2023 naik 28,9 persen atau sebesar Rp 437,5 miliar.

"Pemerintah Kota Batu akan terus memberikan dukungan dan kemudahan untuk investasi, terutama di sektor pariwisata, pertanian, dan UMKM, demi mendukung visi dan misi pembangunan daerah. Kota Batu memiliki daya tarik yang kuat bagi para investor, terutama dalam sektor perdagangan, industri, pariwisata, dan akomodasi," terang Pj Aries.

Pj Aries juga mempromosikan beberapa event berskala internasional, seperti International Hiking Mount Arjuna, Batu International Tourism Paragliding Festival, Sendratari Arjuna Wiwaha, dan Bantengan Nuswantara yang seiring sejalan dengan perkembangan ekonomi kreatif, dan agrowisata.

BACA JUGA:Hendak Pulang, Kendaraan Fortuner Bawa Rombongan Pengantar Pengantin Masuk Jurang di Poncokusumo Malang

Ia memberikan apresiasi terhadap semua pihak yang berkolaborasi bersinergi serta berinovasi dalam mensukseskan baik promosi maupun segala kegiatan yang mendukung kelancaran aktivitas pariwisata yang ada di Kota Batu.

"Kita ingin mempromosikan Kota Batu lebih luas, dan semoga dengan pertemuan ini membawa hasil yang bagus. Kami siap menyambut kunjungan wisatawan internasional di Kota Wisata Batu," kata Pj Aries.

Sumber: