Libur Panjang Waisak 2025, Terminal Purabaya Alami Lonjakan Penumpang hingga 27 Persen
Kondisi Terminal Purabaya di libur panjang Hari Waisak 2025.-Anwar Hidayat-
SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Libur panjang Hari Raya Waisak 2025, Terminal Purabaya mengalami peningkatan jumlah penumpang yang signifikan. Dibandingkan hari-hari biasa, lonjakan mencapai angka 27 persen dengan rata-rata jumlah penumpang mencapai sekitar 40 ribu orang per hari.
BACA JUGA:Terminal Purabaya Siapkan Langkah Antisipasi dan Pelayanan Optimal Arus Mudik Lebaran 2025
Menurut data sementara dari pengelola Terminal Tipe A Purabaya, selama periode libur yang dimulai dari hari Jumat hingga Selasa (9-13 Mei 2025), total jumlah penumpang yang berangkat maupun tiba di terminal terbesar di Jatim ini mencapai sekitar 430 ribu orang.

Mini Kidi--
Januar Putra, Humas Terminal Tipe A Purabaya, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan khusus untuk mengantisipasi lonjakan tersebut.
BACA JUGA:Jelang Arus Mudik Lebaran, Polda Jatim Uji Kelaikan Bus di Terminal Purabaya
"Kami siapkan armada tambahan secara insidental, bekerja sama dengan DAMRI dan PO bus lainnya. Jika bus reguler sudah habis dan ada penumpang yang belum terangkut, kami akan keluarkan izin insidental agar mereka tetap bisa sampai tujuan," jelas Januar, Selasa 13 Mei 2025.
Meski begitu, hingga hari terakhir puncak arus mudik, belum diperlukan adanya penambahan armada lantaran bus-bus reguler masih mampu menampung permintaan penumpang.
BACA JUGA:Trans Semanggi Suroboyo Rute Terminal Purabaya-Kenjeran Park Berhenti Sementara
Untuk kelancaran operasional dan kenyamanan para pemudik, Terminal Purabaya juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Di antaranya layanan angkutan online purabaya online lounge, vending machine untuk pembelian tiket, serta charging station bagi penumpang yang ingin mengisi daya gadget mereka.
"Petugas kami juga tetap berjaga selama 24 jam untuk membantu kebutuhan para pemudik," imbuhnya.
BACA JUGA:Polresta Sidoarjo Bangun Kastil di Terminal Purabaya
Berdasarkan data historis, lonjakan penumpang pada libur Waisak tahun ini masih berada dalam kisaran normal jika dibandingkan dengan libur panjang lainnya seperti Idulfitri atau Natal dan Tahun Baru. Namun, hal ini tetap menjadi evaluasi penting bagi manajemen terminal.
BACA JUGA:Aksi Simpatik Polwan Polresta Sidoarjo di Pos Pelayanan Nataru Purabaya
Sumber:



