Tinjau Kesiapan Mudik Lebaran di Surabaya, Reni Astuti Dorong Optimalisasi Layanan Transportasi
Anggota DPR RI Reni Astuti meninjau pelayanan di Pelabuhan Tanjung Perak.-Alif Bintang-
SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Tradisi mudik Lebaran merupakan momen tahunan yang dinantikan masyarakat Indonesia untuk bersilaturahmi di kampung halaman.
BACA JUGA:Sosialisasikan 4 Pilar MPR RI, Reni Astuti Ajak Masyarakat Perkuat Persatuan dan Kesadaran Bernegara
Dalam rangka memastikan kelancaran arus mudik Lebaran 2025, Anggota DPR RI Fraksi PKS Reni Astuti melakukan serangkaian kunjungan ke berbagai titik transportasi di Surabaya.

Mini Kidi--
Mengawali masa resesnya, Reni meninjau langsung sejumlah lokasi strategis yang menjadi pusat aktivitas mudik, antara lain Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi, Terminal Purabaya, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Rest Area Tol Surabaya-Gempol.
BACA JUGA:Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, Reni Astuti Ajak Masyarakat Perkuat Persatuan
Dalam kunjungan tersebut, Reni didampingi oleh perwakilan Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, serta manajemen pengelola stasiun, terminal, pelabuhan, dan rest area.
"Pelaksanaan mudik harus berjalan aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat. Saya ingin memastikan Standar Pelayanan Minimal (SPM) terpenuhi dan kepadatan penumpang terantisipasi dengan baik, sehingga semua pemudik mendapatkan layanan optimal," ujar Reni, Sabtu, 29 Maret 2025.
BACA JUGA:Gencar Pasang Baliho, Reni Astuti: Khofifah dan Eri Cahyadi Terbukti Harmoni untuk Jatim-Surabaya
Dalam kunjungannya ke Stasiun Gubeng dan Stasiun Pasar Turi, Reni menekankan pentingnya antisipasi terhadap potensi keterlambatan perjalanan dan kecelakaan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), termasuk memastikan keamanan seluruh perlintasan kereta api, terutama yang belum memiliki penjagaan khusus.
"Seluruh perlintasan kereta api harus dijaga dengan baik. Jangan sampai terjadi insiden yang tidak diinginkan akibat kelalaian penjagaan," tegas Reni.
Reni juga menanyakan perihal layanan yang diberikan kepada pemudik di stasiun, dan mereka menyatakan kepuasannya terhadap peningkatan kualitas layanan, kebersihan, keamanan, dan ketepatan waktu.
Di Terminal Purabaya, Reni meminta pengelola untuk meningkatkan kebersihan, terutama toilet, serta menindak tegas praktik percaloan yang masih terjadi.
Sumber:



