umrah expo

Gebyar Pelayanan Publik Tandai Kesuksesan Pemkab Gresik Beri Pelayanan Prima ke Masyarakat

Gebyar Pelayanan Publik Tandai Kesuksesan Pemkab Gresik Beri Pelayanan Prima ke Masyarakat

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah atau Bu Min (tiga dari kiri) meninjau stan Dinas Sosial (Dinsos) Gresik.--

Menurut penilaian dari Lembaga resmi yang berwenang, pelaksanaan Pelayanan Publik itu, Pemkab Gresik terbukti telah sesuai standar dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melalui Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik pada Lingkup Pemerintah Daerah tahun 2024 juga menilai Indeks Pelayanan Publik Pemkab Gresik masuk Kategori A- dengan nilai IPP Kabupaten 4,16.

Dalam hal pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), di 2024 nilai Pemkab Gresik juga lebih tinggi dari rata-rata Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Nilai SPM Kabupaten Gresik menurut Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk 6 Urusan Pemerintahan Wajib Pelayanan Dasar adalah sempurna 100.

Lebih tinggi dari rata-rata Kab/Kota Jawa Timur yang sebesar 98,68. Sehingga predikat SPM Kabupaten Gresik adalah “Tuntas Paripurna” dalam pelayanan dasar seperti Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Trantibumlinmas, dan Sosial.

Untuk mendapatkan pelayanan publik, warga Gresik bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang dimiliki oleh Pemkab Gresik. Beragam layanan itu bisa dilihat melalui aplikasi Gresikpedia. Atau jika membutuhkan pelayanan secara langsung, bisa mendatangi Mal Pelayanan Publik yang ada di kawasan Kantor Pemkab Gresik.(adv/fdn)

Sumber: