Kenapa Orang Merasa Relate dengan Kepribadian Zodiak?

Kamis 25-04-2024,09:29 WIB
Reporter : Bayu Sadewa Mulyantara
Editor : Agus Supriyadi

MEMORANDUM - Pernakah anda membaca artikel tentang kepribadian yang dimiliki masing masing zodiak?

Biasanya artikel seperti itu akan membahas seperti bagaimana sifat seorang aquarius, zodiak yang susah jatuh cinta, beberapa zodiak paling misterius dan sebagainya.

Entah kenapa banyak orang merasa relate dengan kepribadian yang dijelaskan oleh masing masing zodiak, namun juga tak sedikit orang yang tidak percaya dan menganggap itu hanya sugesti karena semua sifat itu sudah dimiliki secara alami oleh manusia.

Akan tetapi pembahasan mengenai zodiak masih menjadi hal yang seru, meskipun banyak pro dan kontra mengenai kepercayaan, rasanya topik ini selalu dinikmati kapanpun.

Tapi mengapa kepribadian seseorang terasa sama dengan apa yang dideskripsikan oleh zodiak?

Ternyata ada penjelasan ilmiah mengapa orang merasa relate dan jika anda juga merasa seperti itu, sebenarnya itu adalah fenomena psikologis bernama Barnum Effect.

BACA JUGA:6 Zodiak yang Pandai Membangun Relasi dan Pandai Berkomunikasi

BACA JUGA:Cinta dan Zodiak, Temukan Pasangan Idealmu Berdasarkan Bintang

Barnum Effect adalah fenomena psikologis yang terjadi saat seseorang percaya bahwa suatu deskripsi kepribadian hanya berlaku khusus untuk dirinya, padahal faktanya deskripsi yang diberikan bersifat general dan juga berlaku untuk orang lain.

Karena itulah contoh Barnum Effect itu terjadi seperti saat orang membaca mengenai sifat kepribadian zodiak, meskipun anda sadar bahwa semua yang ditulis hanya untuk menarik perhatian pembaca, tapi orang masih terkesan dengan keakuran deskripsi yang ditulis.

Dilansir dari Halodoc, mengapa Barnum Effect bisa terjadi?

Efek barnum merupakan bentuk dari sebuah validasi yang bersifat objektif, dimana ketika seseorang menganggap suatu informasi itu benar jika mempunyai definisi yang signifikan, dan secara tidak sadar seseorang menghubungkan dua peristiwa yang tidak terkait.

Namun memang pada dasarnya sifat manusia senang mendengarkan hal positif tentang diri mereka sendiri, hal ini pula yang juga menjadi dasar kenapa Barum Effect bisa terjadi.

BACA JUGA:Barnum Effect dan Grafologi: Bagaimana Membedakan Deskripsi Umum dan Kepribadian Sejati

BACA JUGA:MBTI dan Barnum Effect: Apakah Tes Kepribadian MBTI Benar-Benar Akurat?

Dari hal tersebut memang akan membuat kita berpikir kembali mengenai ramalan zodiak, kepribadian zodiak dan lainnya bahwa hal tersebut hanya tipuan yang membuat kita merasa relate dengan apa yang sedang di deskripsikan.

Tapi hal tersebut juga tak sepenuhnya buruk, karena meskipun ramalan yang diberikan belum tentu benar, namun hal tersebut juga memiliki dampak positif seperti lebih membuat orang merasa percaya diri.

Namun juga perlu diingat pentingnya menyadari Barum Effect karena hal tersbut dapat mempengaruhi kesehatan mental jika anda terlalu mempercayai soal ramalan zodiak tersebut.

Selain itu dengan mengetahui dan menyadari soal Barum Effect anda akan menjadi lebih kritis dan hati hati sehingga tidak mudah terpengaruh ke arah yang buruk dengan apa yang sedang anda baca. (mg18)

Kategori :