Menjelajahi Ragam Lontong Sayur dari Berbagai Daerah di Indonesia

Rabu 17-04-2024,21:01 WIB
Reporter : Diah Pitaloka
Editor : Ferry Ardi Setiawan

MEMORANDUM - Lontong sayur, hidangan tradisional yang terdiri dari lontong, sayur, dan kuah santan, merupakan salah satu sajian favorit di Indonesia. Tak hanya lezat, lontong sayur juga memiliki makna simbolis dalam berbagai tradisi dan budaya.

BACA JUGA:Penerimaan Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2024 : Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran

Menariknya, lontong sayur memiliki variasi rasa dan penyajian yang berbeda-beda di setiap daerah. Berikut beberapa contoh lontong sayur khas dari berbagai daerah di Indonesia:

BACA JUGA:Pendaftaran Akpol 2024 Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

1. Lontong Sayur Betawi

Dikenal dengan kuah santan kuning kental dan isian sayur yang beragam, seperti labu siam, nangka muda, wortel, dan kentang. Biasanya disajikan dengan emping, sambal, dan kerupuk.

BACA JUGA:Resep Lontong Kikil Surabaya dengan Sambal Kemiri, Dijamin Rasanya Enak dan Nendang     

2. Lontong Sayur Medan

Memiliki kuah santan bening dan isian sayur yang lebih sederhana, seperti wortel, buncis, dan kacang panjang. Biasanya disajikan dengan sambal terasi dan kerupuk udang.

BACA JUGA:Resep Lontong Balap Khas Surabaya, Kuliner Legendaris yang Menggugah Selera

3. Lontong Sayur Padang

Ciri khasnya terletak pada penggunaan gulai sebagai kuah lontong sayur. Isian sayurnya pun beragam, seperti nangka muda, petai, dan singkong. Biasanya disajikan dengan rendang, ayam bakar, dan sambal lado mudo.

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Makan Lontong Kupang Enak di Surabaya    

4. Lontong Sayur Makassar

Kuah santan lontong sayur Makassar berwarna kuning kemerahan dan memiliki rasa gurih yang khas. Isian sayurnya biasanya terdiri dari bayam, kacang panjang, dan labu siam. Biasanya disajikan dengan telur rebus, ikan asin, dan sambal terasi.

Kategori :