Ciptakan Zero Halinar, Lapas Jember Razia dan Tes Urine

Jumat 05-04-2024,20:20 WIB
Reporter : Biro Jember
Editor : Ferry Ardi Setiawan

JEMBER, MEMORANDUM - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Jember, berkomitmen keras untuk memerangi penyalahgunaan narkoba, pungli dan HP serta mensukseskan Zero Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba) dan P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba).

BACA JUGA:Lapas Jember Gandeng SMKN 2 Beri Pelatihan Pertukangan Kayu bagi 20 Warga Binaan 

Bentuk konkret dalam perwujudan komitmen Lapas Jember melakukan razia dan tes urine 20 warga binaan pemasyarakatan (WBP) secara acak, yang dikemas dalam giat apel siaga 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju Berantas Halinar, Jumat, 5 April 2024.

BACA JUGA:Kabapas dan Kalapas Jember Terus Sosialisasi Administrasi CB dan PB Gratis

Setiap razia terdapat beberapa barang terlarang yang tidak boleh dimiliki oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang harus dimusnahkan agar WBP tidak beranggapan bahwa barang yang disita oleh petugas saat razia digunakan kembali oleh WBP.

BACA JUGA:Lapas Jember Berikan 8 Narapidana Remisi, 5 Orang Belum Memenuhi Persyaratan 

Dalam razia tersebut, hadir Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Lumajang AKBP Indra Brahmana, dibantu puluhan anggota Kodim 0824/Jember dan anggota Satsamapta Polres Jember. Mendapatkan barang terlarang berupa alat cukur kumis, baterai, benda tajam, kabel-kabel, headset, korek gas dan beberapa benda logam terlarang lainnya.

BACA JUGA:Lapas Jember Musnahkan Ratusan Handphone Milik Tahanan 

Kepala Lapas Kelas IIA Jember Hasan Basri, menyampaikan bahwa kegiatan razia barang terlarang dan tes Urine merupakan pemenuhan target kinerja dan upaya untuk mewujudkan Lapas Jember Zero Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba).

BACA JUGA:Perbaiki Akhlak Warga Binaan, Lapas Jember Gandeng Kemenag 

Kalapas juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen penuh dalam upaya pencegahan Narkoba, dengan menggandeng TNI-Polri dan BNN khususnya di Lapas Jember.

BACA JUGA:PKBI Edukasi Pelayanan Kesehatan WBP Perempuan Lapas Jember 

“Kita akan selalu bergerak, menciptakan kamtib yang baik, semoga suasana Lebaran warga binaan Lapas Jember aman dan kondusif yang terbebas dari Halinar” pungkas kalapas. (*)

Kategori :