Mie Sehat, Inovasi dan Alternatif untuk Pecinta Mie

Jumat 05-04-2024,12:57 WIB
Reporter : Aril Pandu Utama
Editor : Eko Yudiono

MEMORANDUM - Mie, hidangan lezat yang terbuat dari tepung terigu, merupakan makanan favorit banyak orang. Namun, mie sering diidentikkan dengan makanan yang tidak sehat karena kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi. Bagi pecinta mie yang ingin tetap hidup sehat, kini hadir berbagai inovasi dan alternatif mie yang lebih sehat.

Inovasi Mie Sehat:

Teknologi dan inovasi terus berkembang untuk menghadirkan mie yang lebih sehat. Salah satu contohnya adalah mie yang terbuat dari tepung gandum utuh, seperti tepung gandum durum, yang kaya akan serat dan protein. Jenis mie ini lebih mengenyangkan dan membantu mengontrol gula darah.

Inovasi lain adalah mie dengan kandungan protein yang lebih tinggi, seperti mie yang terbuat dari tepung kacang-kacangan, tepung kedelai, atau tepung serangga. Mie ini cocok untuk para vegetarian dan orang yang ingin meningkatkan asupan protein.

Alternatif Mie Sehat:

Bagi pecinta mie yang ingin mengurangi konsumsi karbohidrat, terdapat beberapa alternatif mie yang lebih rendah kalori dan karbohidrat. Contohnya adalah mie shirataki yang terbuat dari konnyaku, mie zucchini, dan mie wortel.

Tips Memasak Mie Sehat:

- Gunakan mie yang terbuat dari tepung gandum utuh, tepung kacang-kacangan, atau tepung kedelai.

- Batasi porsi mie yang dikonsumsi.

- Tambahkan sayuran dan protein saat memasak mie.

- Hindari menambahkan terlalu banyak bumbu dan minyak saat memasak mie.

- Pilih metode memasak yang lebih sehat, seperti direbus atau ditumis dengan sedikit minyak. 

Dengan memilih mie yang lebih sehat dan memasaknya dengan cara yang tepat, pecinta mie tetap dapat menikmati hidangan favoritnya tanpa khawatir akan kesehatan. (*)

Kategori :