Kunjungi Taman Satlantas, Murid TK Cahaya Islam Greget Belajar Tertib Lalin Secara Dini

Kamis 22-02-2024,08:04 WIB
Reporter : Biro Madura
Editor : Agus Supriyadi

BANGKALAN, MEMORANDUM - Program kegiatan Police Goes To School yang dikembangkalan Polres Bangkalan terus menuai respon positif dari lembaga pendidikan. Terutama dari sekolah setingkat PAUD, TK dan SD.

“Hampir setiap pekan, ada saja murid Taman Kanan-Kanak (TK) dan SD yang datang berkunjung ke Taman Lalu-Lintas kelolaan Satlantas di Mapolres  Bangkalan,” kata Kasi Humas Polres, Iptu Risna Wijayanti.

Kali ini, Rabu (21/2/2024), imbuh Iptu Risna, giliran murid TK Cahaya Islam, Kelurahan Pejagan, Kecamatan Bangkalan, berinisiatif sowan dan bermain di kompleks taman.

Seperti biasanya, beberapa personel Satlatntas Polres, menyambut kehadiran puluhan bocil (bocah cilik) TK Cahaya Islam. Mereka digiring menju taman lalin di sisi kiri halaman Mapolres.

“Yaahh…namanya bocah cilik yang masih berusia kisaran 5 tahun, mereka yang didapingi beberapa amat senang bermain, bercengkerama, serta guyonan dengan personel Satlantas,” ungkap Iptu Risna.

Saat itulah, ketika asyik bermain, personel Satlantas menyisipkan edeukasi kepada para bocil calon penerus tongkat estafet kepemimpinan bangsa dan negara itu.

BACA JUGA:Bulan Bakti TNI-Polri dalam Pam Pemilu 2024, Polres Bangkalan Apel Patroli Skala Besar

BACA JUGA:Polres Bangkalan Amankan Pelaku Pencabulan Anak di Desa Gebang

“Yaaah..metode pendidikan yang dikembangkan rekan Satlantas, adalah bermain sambil belajar. Begitu kira-kira,” tandas Iptu Risna. Imbasnya, dengan penuh suka-cita, para bocil TK Cahaya Islam, begitu ceria bermain bareng beberapa personel Satlantas.

Kebersamaan puluhan siswa TK yang lengket bercengkerama dengan personel Satlantas yang berseragam lengkap itu, menurut Iptu Risna, jelas punya dampat positif. Kesan bahwa Polisi adalah sosok yang menakutkan, suka menangkap orang dan kesan negatif lainnya jadi sirna.

” Dalam konteks ini, aura positif bahwa Polisi sebagai sahabat anak, secara psykhologis, malah membawa pengaruh posif bagi anak-anak kita setara siswa TK,” jelas Iptu Risna.

Ketika keakaraban terjalin itulah, personel Satlantas dengan telaten mulai menyisipkan materi edukasinya. Kepada para bocil TK Cahaya Islam, diperkenalkan beberapa jenis kendaraan R2 dan R4 yang rutin beraktifitasdi jalan raya.

Beberapa rambu-rambu lalin, seperti lampu traffic light di simpang empat, zebra cross dan lainnya, diperkenalkan dengan melalui bahasa anak. Tujuannya, agar para siswa TK secara dini mulai belajar disiplin lalu-lintas.

Program Police Goes To School semacam ini, sesuai arahan Kapolres AKBP Febri Ismjan Jaya, menurut Iptu Risna, juga rutin dikembangkan oleh 17 Polsek jajaran di lini kecamatan.

“ Dalam praktiknya, kadang Polisi mengunjungi sekolah TK, SD dan bahkan SMP dan setingkat SMA. Namun sebaliknya, para siswa TK dan SD yang datang berkunjung ke Mapolres atau Mapolsek,” pungkas Iptu Risna. (ras).

Kategori :