Jarang Diketahui, 8 Camilan Sehat agar Tubuh Tetap Langsing

Kamis 08-02-2024,02:00 WIB
Reporter : Muhammad Ridho
Editor : Muhammad Ridho

SURABAYA, MEMORANDUM - Camilan umumnya dikaitkan dengan makanan manis, seperti kue, biskuit, dan es krim. Padahal, camilan seperti itu kurang sehat karena tinggi kalori dan banyak mengandung lemak dan gula. Camilan-camilan tersebut juga tidak banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral.

Jika sedang menurunkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi camilan sehat yang kaya akan nutrisi tetapi rendah kalori. Mengonsumsi camilan sehat akan membuat Anda lebih mudah mengontrol porsi dan nafsu makan, sehingga berat badan tidak naik dan justru bisa turun.

BACA JUGA:Inilah 9 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh

Berbagai Pilihan Camilan Sehat

1. Rujak

Rujak adalah camilan sehat yang terdiri dari beragam buah-buahan. Beberapa jenis buah yang umum terdapat di dalam camilan sehat ini adalah pepaya, nanas, mangga muda, bengkuang, dan jambu air.

Dengan mengonsumsi rujak, Anda bisa mendapatkan banyak nutrisi sekaligus, seperti serat dan vitamin. Kedua nutrisi tersebut dapat mendukung program penurunan berat badan yang Anda jalani sekaligus menjaga tubuh tetap langsing.

2. Jagung rebus

Kandungan serat di dalam jagung membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk mengonsumsi camilan bisa berkurang. Untuk mengolah jagung menjadi camilan sehat, Anda cukup merebusnya tanpa tambahan bahan lain, seperti susu kental manis, mentega, serta keju.

3. Pisang kukus

Buah yang satu ini juga bisa Anda jadikan sebagai camilan sehat. Pasalnya, pisang kaya akan serat tetapi rendah lemak. Serat dapat membuat Anda menahan lapar lebih lama, serta mengurangi konsumsi camilan tidak sehat yang bisa meningkatkan berat badan.

Mengolah pisang dengan cara dikukus bisa menjadi pilihan camilan sehat yang nikmat. Namun, hindari olahan pisang yang digoreng atau telah ditambahkan susu kental manis dan meses.

BACA JUGA:Inilah 9 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh

4. Kuaci

Camilan sehat yang terbuat dari biji bunga matahari ini kaya akan nutrisi yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, seperti protein dan serat. Oleh karena itu, kuaci sering kali dikonsumsi sebagai camilan sehat untuk menurunkan atau menjaga berat badan.

Tags :
Kategori :

Terkait