Dua Bandit Motor Tertangkap CCTV Masjid di Medayu Utara

Kamis 01-02-2024,19:09 WIB
Reporter : Oskar Rio
Editor : Eko Yudiono

SURABAYA, MEMORANDUM- Waspada. Bandit motor saat ini menyasar masjid-masjid. Mereka menyaru sebagai jemaah dan menggasak motor ketika pemiliknya saat sedang salat. 

Modus operandi itu terjadi di masjid Jalan Medayu Utara Gang XIII, Rabu (31/1) Subuh. Dua terduga pelaku memakai sarung dan kopiah terekam CCTV menggondol dua motor Honda Beat sekaligus milik jemaah bernama Faris dan Arifin, keduanya warga setempat. 

"Terduga pelaku empat, namun yang masuk dan terekam CCTV dua orang, memakai sarung dan kopiah seperti jamaah masjid," ungkap Takmir Masjid Al Amin, Mahfud, Kamis (1/2). 

BACA JUGA:Maling Motor Karyawan Minimarket Tertangkap CCTV

Mahfud menjelaskan, awalnya motor yang diketahui hilang milik Arifin usai salat di masjid dan hendak pulang sekitar pukul 05.00. 

BACA JUGA:Maling Motor di Ngantru, Tertangkap di Ngadiluwih

Arifin yang panik, berusaha bertanya motornya yang tidak ada di halaman parkir kepada jamaah. Setelah dicek, ternyata terduga pelaku juga mencuri beat milik Faris. "Terduga pelaku mencuri motor saat para jamaah sedang salat Subuh," jelas Mahfud.

Berdasarkan rekaman CCTV,  sambung Mahfud, diketahui empat terduga pelaku datang ke masjid mengendarai dua motor berboncengan. 

Kemudian dua terduga pelaku yang memakai sarung dan kopiah turun dan masuk ke masjid. Bahkan mereka sempat ke kamar mandi dan tempat wudhu. Setelah itu mondar-mandir depan pintu masjid untuk memastikan keadaan aman. 

Seorang terduga pelaku yang memakai baju warna putih bertugas sebagai eksekutor lalu mencuri motor beat yang diparkir paling belakang dengan merusak kunci stir. Setelah berhasil motor didorong ke belakang untuk diberikan kepada temannya. 

Selanjutnya, dia balik lagi mengambil motor beat di tempat yang sama lalu menghidupkan mesin dan langsung melarikan diri. Sedangkan dua teman lainnya  yang menunggu di luar mengikutinya di belakang. "Keempat terduga pelaku usai mencuri berpencar, dua kabur ke arah timur dan dua pelaku lainnya lari ke barat Jalan Medayu Utara," beber Mahfud.

Peristiwa ini kemudian kedua korban melapor ke Polsek Rungkut. Hingga kini pelaku belum tertangkap. "Sudah dilaporkan ke polisi, dan anggota langsung mengecek lokasi dan melakukan olah TKP di sini (masjid)," pungkas Mahfud. 

Terpisah, Kanitreskrim Polsek Rungkut Iptu Agus Tri Subagjo saat dikonfirmasi kejadian curanmor di Masjid Al Amin membenarkan. Saat ini masih dalam pengembangan dan penyelidikan bersama anggotanya untuk mengungkap pelakunya.

"Mohon waktu, masih lidik," singkat Agus. (rio)

Kategori :