Polsek Sawahan Amankan 125 Orang Anggota Perguruan Silat PSHW

Selasa 16-01-2024,08:03 WIB
Reporter : Ali Muchtar
Editor : Agus Supriyadi

SURABAYA,MEMORANDUM - Polsek Sawahan mengamankan 125 orang anggota perguruan silat Persaudaraan Setia hati Winongo (PSHW) dan 56 unit sepeda motor dari luar kota.

Mereka diamankan saat sedang berkumpul dan akan melakukan konvoi di wilayah Surabaya dengan mengendarai sepeda motor, Senin 15 Januari 2024 malam.

Kapolsek Sawahan Kompol Domingos de F. Ximenes, S.H, S.I.K. mengatakan, pengamanan tersebut dilakukan dalam rangka Operasi Mantap Brata 2024.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi kelompok perguruan silat yang berkumpul dan 3C (Curas, Curat, dan Curanmor).

BACA JUGA:2 Warga Gayungan Dikeroyok Gerombolan Pesilat yang Konvoi di Jalan Gubernur Suryo

BACA JUGA:4 Pemuda Dikeroyok Pesilat di Surabaya, 3 Terduga Pelaku Diamankan Jatanras


"Kami mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa akan ada konvoi anggota perguruan silat PSHW dari luar kota. Oleh karena itu, kami langsung melakukan patroli untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," terangnya.

Patroli tersebut dilakukan oleh gabungan personel Polsek Sawahan, Polsek Sukomanunggal, Sikatan 8, Dalmas, dan Rainmas Polrestabes Surabaya.

Saat patroli, petugas menemukan segerombolan anggota perguruan silat PSHW yang sedang berkumpul di Jalan Sabre, Surabaya.

"Kami langsung mengamankan mereka dan membawanya ke Mako Polrestabes Surabaya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.

BACA JUGA:Aksi Anarkis Oknum Pesilat di Surabaya, Warga Minta Cabut Keanggotaan

BACA JUGA:Gerombolan Pesilat di Surabaya Lukai Warga, Praktisi: Perlu Dijerat Hukum agar Jera

Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa para anggota perguruan silat tersebut berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mereka mengaku akan melakukan konvoi di wilayah Surabaya untuk memperingati hari jadi perguruan silat PSHW.

"Kami akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada motif lain dari konvoi tersebut," tutupnya (*)

Kategori :