SURABAYA, MEMORANDUM - Proses evakuasi sarana dan perbaikan prasarana di emplasemen Stasiun Tanggulangin saat ini masih berlangsung. Beberapa KA jarak jauh dengan tujuan Surabaya dan Bangil mengalami perubahan pola operasi perjalanan KA.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan sebagai kompensasi bagi pelanggan, KAI telah memberikan Service Recovery sesuai aturan yang berlaku. Mulai dari pemberian snack makanan dan minuman, pembatalan tiket 100% diluar bea pesan hingga H+7, hingga pelanggan yang dialihkan perjalanannya menggunakan moda transportasi bus atau KA lainnya.
"Para calon pelanggan yang mengalami dampak gangguan operasional ini telah diberitahukan adanya perubahan pola operasi tersebut melalui whatsapp blast," ujarnya.
Luqman Arif menyebutkan, hingga sore ini berdasarkan data s.d pukul 17.00 WIB tercatat sebanyak 933 penumpang telah membatalkan tiket perjalanan KA, dengan rincian pembatalan tiket dari Stasiun Bangil 28 pelanggan, Stasiun Malang 126 pelanggan, Stasiun Mojokerto 76 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasar Turi 34 pelanggan, Stasiun Sidoarjo 154 pelanggan, Stasiun Surabaya Gubeng 394 pelanggan, dan Stasiun Wonokromo 121 pelanggan.
BACA JUGA:Percepat Evakuasi KA Anjlok, KAI Daop 8 Surabaya Datangkan Tim dari Surabaya, Malang, dan Solo
Hingga sore ini, KAI Daop 8 Surabaya masih memberlakukan perubahan pola operasi bagi KA jarak jauh tujuan Surabaya dan Bangil. Berikut adalah KA yang memutar dari Stasiun Bangil lewat Malang dan Kertonosono, yakni KA Ranggajati (115) relasi Jember - Surabaya Gubeng - Cirebon; KA Logawa (211) relasi Jember - Surabaya Gubeng - Purwokerto.
Kemudian KA Sritanjung (241) relasi Ketapang - Surabaya Gubeng - Lempuyangan; KA Jayabaya (107) relasi Malang - Surabaya Gubeng - Pasarturi - Pasarsenen; KA Wijaya Kusuma (117) relasi Ketapang - Surabaya Gubeng - Cilacap dan KA Pandalungan (77f) relasi Jember - Surabay Gubeng - Pasarturi - Gambir.
"Pelanggan dengan tujuan Surabaya, nantinya akan diantar menggunakan bus sebagai pengganti hingga tujuan," ucapnya.(alf)