Cara Menghilangkan Trauma Masalalu

Sabtu 06-01-2024,05:05 WIB
Reporter : Muhammad Ridho
Editor : Muhammad Ridho

SURABAYA, MEMORANDUM - Kebanyakan orang susah melepaskan diri dari trauma masa lalu karena tidak tahu cara memulainya.

 

Lalu, meski sudah ikut terapi ini dan itu, beberapa orang tidak mendapatkan dukungan penuh dari orang terdekat mereka.

 

Seperti yang kita tahu bahwa memiliki trauma masa lalu bisa membuat seseorang tertekan bahkan timbul stres karena masih terbayang-bayang akan hal tersebut.

BACA JUGA:6 Tips Atasi Trauma yang Bisa Anda Coba

 

Hal-Hal yang dapat menyebabkan trauma masalalu
    Peristiwa kematian mendadak atau kehilangan orang yang dicintai Perceraian atau akhir dari hubungan yang signifikan Pelecehan fisik, emosional, atau seksual Kecelakaan Penyerangan atau kekerasan lainnya Pertarungan atau paparan unsur perang Selamat dari bencana alam Stres kronis atau ekstrim
BACA JUGA:Cara Menangani Trauma Abdomen dan Ketahui Jenisnya Berikut Ini

 

Cara menghilangkan trauma masa lalu  

1. Mengenalinya

Pertama-tama, kenali trauma Anda. Coba ingat-ingat kembali, mengapa kenangan tersebut bisa menyebabkan luka yang begitu membekas bagi kehidupan Anda.

 

2. Mengakuinya

Tentunya mengakui Anda mengalami pengalaman traumatis menjadi kunci penting untuk memulihkan kondisi psikis Anda.

 

Bagi sebagian orang, pembicaraan mengenai trauma itu cukup tabu, sehingga mereka memilih untuk menutupinya sampai tak mengakuinya.

 

3. Mencoba lebih terbuka

Penting bagi Anda untuk terbuka dengan masalah yang sedang dialami. Ingatlah bahwa bercerita dengan seseorang efektif untuk mengurangi beban Anda meski sedikit.

 

Jika Anda memilih untuk menutup diri, orang lain termasuk tenaga profesional akan kesulitan untuk membantu mencarikan jalan keluar untuk Anda.

BACA JUGA:Korban Trauma, Polisi Selidiki Pengeroyokan dan Pembacokan di Surabaya

 

4. Memaafkan

Memaafkan adalah bagian yang cukup vital dalam mengatasi trauma. Memaafkan bukan berarti melupakan.

 

Mulailah untuk memaafkan penyebab yang membuat pengalaman Anda begitu traumatis. Mungkin terkesan mudah, tapi pengalaman masa lalu adalah bekal masa depan.

 

5. Berfokus pada diri sendiri dan sekitar

Selain baik untuk kesehatan dan pengembangan diri, aktivitas tertentu bisa membuat Anda tidak begitu teringat masa lalu yang traumatis.

 

Selain itu, bergabung dengan lingkungan yang lebih positif dan bersosialisasi dengan orang baru merupakan hal yang cukup baik untuk mengembangkan diri sendiri.

BACA JUGA:Kematian Andini karena Trauma Benda Tumpul, Diduga Setelah Dipukul Botol Tequila

 

6. Melakukan relaksasi

Mulailah untuk belajar cara merilekskan pikiran, seperti melalui meditasi. Hal tersebut akan sangat berguna apabila Anda kembali menemui pemicu trauma yang dahulu pernah ada.

 

7. Mencari tenaga profesional atau ahlinya

Apabila trauma ini sudah sangat mengganggu kehidupan Anda, cobalah untuk mencari tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater.

 

Selain mengganggu, lingkungan yang tidak suportif pun bisa dijadikan alasan untuk mencari orang yang ahli di dalam bidang ini.

 

8. Mendapatkan terapi yang tepat

Terapi mengatasi traumanya tentu berbeda-beda, tergantung dari pasien. Misalnya, seperti apa kepribadiannya, sehingga tidak bisa dipukul rata.

Kategori :