11 Ciri-Ciri Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui, Apakah Anda Hamil?

Sabtu 23-12-2023,10:00 WIB
Editor : Ferry Ardi Setiawan

 

8. Mudah lelah

Meningkatnya hormon progesteron pada awal kehamilan menyebabkan tubuh mudah merasa lelah walaupun tidak melakukan aktivitas berat. Rasa lelah yang menjadi ciri-ciri ada janin di dalam perut ini bisa terjadi sejak 1 minggu setelah pembuahan dan berlangsung hingga akhir trimester pertama kehamilan.

 

9. Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati yang tiba-tiba juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri ada janin di dalam perut. Kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron.

Meningkatnya hormon tersebut dapat memengaruhi fungsi otak dalam mengontrol suasana hati dan emosi. Jadi, Bumil bisa saja lebih mudah senang, marah, sedih, atau tersinggung.

 

10. Sakit kepala

Saat hamil, tubuh wanita akan mengalami peningkatan hormon dan volume darah. Kondisi ini membuat aliran darah ke janin meningkat, tetapi memperlambat kembalinya darah ke tubuh Bumil. Akibatnya, tekanan darah menjadi rendah dan aliran darah ke otak berkurang.

Inilah yang membuat Bumil lebih rentan mengalami sakit kepala sehingga kondisi ini juga dapat menjadi ciri-ciri ada janin di dalam perut.

 

11. Gerakan di dalam perut

Tidak semua ibu hamil merasakan gejala kehamilan di atas. Beberapa ibu hamil, terutama yang haidnya tidak teratur, bisa terlambat menyadari kehamilan. Dia baru sadar tengah hamil ketika merasakan ada gerakan di dalam perut.

Pergerakan janin umumnya mulai dapat dirasakan ketika kehamilan berusia 13–16 minggu. Namun, ibu hamil yang memiliki berat badan berlebih atau baru pertama kali hamil bisa saja terlambat menyadari gerakan janin.

 

Kategori :