Menabjubkan! Berikut Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan, dan Ketahui Efek Sampingnya

Selasa 19-12-2023,05:17 WIB
Reporter : Muhammad Ridho
Editor : Muhammad Ridho

SURABAYA, MEMORANDUM  - Minyak ikan mengandung omega-3, yaitu asam lemak esensial yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Tuna, salmon, tongkol, kerapu, kembung, dan makarel merupakan contoh-contoh ikan yang kaya dengan kandungan asam lemak omega-3.

Jenis omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan adalah eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Jenis omega-3 ini berbeda dengan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada sumber nabati, yakni alpha-linolenic acid (ALA). Meskipun ALA juga merupakan asam lemak esensial, EPA dan DHA memiliki manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Kenali Dampak Negatif Tingginya Kadar Kolestrol Terhadap Kesehatan Mata

Berikut Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

1. Mengurangi gejala depresi

Orang dengan depresi berat biasanya memiliki kadar omega-3 dalam darah yang cukup rendah.

2. Menjaga kesehatan kulit

Selanjutnya, mengonsumsi minyak ikan juga juga punya manfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan omega-3 pada minyak ikan dapat menjaga kelembapan dan mencegah iritasi kulit.

BACA JUGA:Mengatasi Mata Merah, Ini Penyebab dan Cara Efektif untuk Menyembuhkannya

3. Menjaga kekuatan tulang

Penelitian menunjukkan asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

4. Memelihara kesehatan jantung

Perlu Anda ketahui bahwa risiko terkena penyakit jantung akan meningkat seiring dengan tingginya kadar trigliserida di dalam tubuh. Senyawa omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

5. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah peradangan sehingga mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Kategori :