Ajak Masyarakat Kawal Pemilu Damai, Panwascam Tegalsari Gelar Aksi Bagi-bagi Bunga

Jumat 24-11-2023,13:11 WIB
Reporter : Alif Bintang
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Tegalsari bersama jajarannya melakukan aksi berbagi bunga kepada pengguna jalan di perempatan traffic light (TL) Dr Sutomo, Jumat siang, 24 November 2023.

Kegiatan ini diinisiasi bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat agar ikut mengawasi jalannya Pemilu 2024. Juga sebagai bentuk dukungan terhadap upaya Bawaslu Surabaya yang telah mendeklarasikan pemilu damai.

Kordiv HPPMHM Panwascam Tegalsari, Hari Agung menyampaikan, sesuai arahan Ketua Bawaslu Surabaya terdapat tiga isu krusial yang perlu ditekankan. Terutama kepada peserta pemilu.

BACA JUGA:Kapolsek Wonocolo Pimpin Patroli Kantor Panwascam Wonocolo

Yakni, cegah hate speach, netralitas ASN, dan cegah praktik politisasi sara dan indentitas demi kondusifitas pesta demokrasi lima tahunan ini.

Di samping itu, gelaran deklarasi pemilu damai tujuannya adalah menyamakan persepsi dan tidak ada perbedaan terhadap Undang-Undang Nomor Tahun 2017.

“Dalam aksi bagi-bagi bunga pagi ini, selain sebagai bagian mendeklarasikan pemilu damai juga sekaligus membantu Bawaslu Surabaya untuk mensosialisasikan tiga isu krusial. Yakni, cegah hate speach, netralitas ASN, dan cegah praktik politisasi sara dan indentitas,” kata Hari Agung saat membagikan bunga ke pengendara di Jalan Darmo.

BACA JUGA:Ciptakan Pemilu Damai, Polsek Mulyorejo Sambangi Panwascam

Agung menambahkan, sebagai seorang panwascam, maka sudah seharusnya ikut bertanggung jawab atas suksesnya giat deklarasi pemilu damai yang digaungkan Bawaslu bersama Forkopimda Surabaya.

“Sebagai jajaran Bawaslu Surabaya di tingkat kecamatan, sudah selayaknya kami ikut menyukseskannya,” seru dia.

Tak hanya itu, lanjut Agung, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berita palsu atau hoaks saat memasuki masa kampanye Pemilu 2024, maka diperlukan upaya sosialisasi kepada masyarakat guna mencegah penyebaran berita palsu yang dapat memicu ketegangan dan konflik di tengah-tengah masyarakat.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi di Bawaslu Surabaya, Giliran Anggota Panwascam Sukolilo Diperiksa Kejari Surabaya

"Kami berharap, pesta demokrasi lima tahunan ini kondusif. Makanya, sebagai jajaran Bawaslu Surabaya, kami harus ikut andil dalam menyukseskan hal tersebut. Dan sebagai warga Surabaya, kami mendukung upaya pemkot dalam pelaksanaan pemilu. Yakni, turut menjaga kondisi Surabaya agar tetap tenang, damai dan kondusif," pungkasnya.(bin)

Kategori :