Mitos Horor Pohon Beringin: Mitos yang Masih Dipercaya hingga Saat Ini

Rabu 22-11-2023,22:30 WIB
Reporter : Mg 7
Editor : Nadia Rizka

MEMORADNUM-Pohon beringin adalah salah satu pohon yang paling umum ditemukan di Indonesia. Pohon ini memiliki ciri khas akar sulur yang menjulur panjang dan gemerisik yang rimbun. Selain itu, pohon beringin juga memiliki aura yang mistis dan sering dikaitkan dengan berbagai mitos dan legenda.

Salah satu mitos yang paling terkenal tentang pohon beringin adalah mitos tentang pohon beringin angker. Mitos ini mengatakan bahwa pohon beringin yang tumbuh di tempat angker atau keramat sering terjadi oleh makhluk halus, seperti kuntilanak, genderuwo, atau jin.

Mitos ini sering dipercaya oleh masyarakat, terutama di daerah pedesaan. Masyarakat percaya bahwa pohon beringin angker dapat membahayakan orang-orang yang melewatinya, terutama pada malam hari.

Selain mitos tentang pohon beringin angker, ada juga mitos lain yang berkaitan dengan pohon beringin, yaitu mitos tentang pohon beringin pelindung. Mitos ini mengatakan bahwa pohon beringin yang tumbuh di dekat rumah dapat melindungi penghuni rumah dari bahaya.

BACA JUGA:Mengenal Mitos dan Legenda di Jawa: Memahami Warisan Budaya Lisan

Mitos ini juga sering dipercaya oleh masyarakat. Masyarakat percaya bahwa pohon beringin pelindung dapat menyerap energi negatif dan mencegah makhluk halus masuk ke rumah.

Berikut ini adalah beberapa mitos horor tentang pohon beringin yang masih dipercaya hingga saat ini:

• Mitos tentang kuntilanak yang tinggal di pohon beringin

Salah satu mitos horor yang paling terkenal tentang pohon beringin adalah mitos tentang kuntilanak yang tinggal di pohon beringin. Mitos ini mengatakan bahwa kuntilanak sering menampakkan diri di dekat pohon beringin, terutama pada malam hari.

Mitos ini sering dipercaya oleh masyarakat, terutama di daerah pedesaan. Masyarakat percaya bahwa kuntilanak yang tinggal di pohon beringin sering mengganggu orang-orang yang melewatinya.

BACA JUGA:5 Mitos Sang Penguasa Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul

• Mitos tentang genderuwo yang tinggal di pohon beringin

Mitos lain yang juga terkenal adalah mitos tentang genderuwo yang tinggal di pohon beringin. Mitos ini mengatakan bahwa genderuwo sering menampakkan diri di dekat pohon beringin, terutama pada malam hari.

Mitos ini juga sering dipercaya oleh masyarakat. Masyarakat percaya bahwa genderuwo yang tinggal di pohon beringin sering menculik anak-anak atau orang dewasa.

• Mitos tentang pohon beringin yang menjadi pintu masuk ke dunia lain

Kategori :