Jarang Diketahui! Berikut Manfaat Daun Putri Malu untuk Kesehatan

Senin 13-11-2023,08:00 WIB
Editor : Muhammad Ridho

SURABAYA, MEMORANDUM - Daun putri malu sangat unik, karena kalau kamu menyentuhnya, daunnya bisa bergerak menutupi seluruh batang daun. Daunnya berwarna hijau keabu-abuan dan memiliki duri. 

Adapun manfaat daun putri malu datang dari aktivitas antibakteri, antivenom, antifertilitas, antikonvulsan, antidepresan, afrodisiak, dan berbagai aktivitas farmakologis lainnya.

 BACA JUGA:Beragam Makanan Rendah Lemak, Cocok untuk Menu Diet Sehat Harian Anda

Berbagai Manfaat Putri Malu untuk Kesehatan

1. Agen antikolesterol

Penelitian berjudul Profiling gc-ms ethanol extract of putri malu leaves (Mimosa pudica L.) and its potential as anti cholesterol in vitro yang terbit pada Jurnal Universitas Sebelas Maret menemukan, bahwa putri malu memiliki sifat antikolesterol.

Temuan penelitian tersebut mengungkapkan ekstrak etanol daun putri malu menunjukkan aktivitas antikolesterol yang kuat. Kandungan ini juga menunjukkan potensinya sebagai agen pengobatan hiperkolesterolemia. 

2. Agen antikejang

Menurut studi ilmiah berjudul Anticonvulsant activity of Mimosa pudica decoction yang terbit pada Fitoterapia, rebusan daun putri malu dapat melindungi terhadap kejang akibat pentylenetetrazole dan strychnine. 

BACA JUGA:Hidung Tersumbat! Berikut Adalah Penyebab dan Tips Mudah Mengatasinya

3. Mengobati wasir

Manfaat daun putri lainnya, yaitu efektif membantu mengobati wasir. Ramuan ini bisa kamu konsumsi 2-3 kali sehari saat mengalami kekambuhan gejala wasir. Jika sudah sembuh, hentikan penggunaan untuk meminimalisir efek samping pasca penggunaan.

4. Mengatasi hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi berbahaya yang bisa berujung pada penyakit jantung, stroke, dan sakit ginjal. Jika tekanan darah sedang tinggi, kamu bisa mengambil sari daun yang sudah dihancurkan. Konsumsi 15 ml sebanyak 2 kali sehari.

5. Menyehatkan pencernaan

Kategori :