Atasi Jamur Kuku, Ini Cara Pengobatan dengan 3 Bahan Alami

Selasa 17-10-2023,06:07 WIB
Editor : Ridho

SURABAYA, MEMORANDUM - Jamur kuku adalah infeksi jamur pada lempeng kuku, dasar kuku atau keduanya. Infeksi ini memang sering terjadi dan diperkirakan menyebabkan sekitar setengah dari semua penyakit kuku.

Jamur penyebab infeksi ini umumnya adalah jamur dermatofit. Ada beberapa faktor risiko yang membuat seseorang lebih rentan terkena jamur kuku, salah satunya adalah pertambahan usia

BACA JUGA:Tanaman Obat: Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Manusia

Berikut ini bahan alami yang bisa di gunakan untuk mengatasi jamur kuku :

1. Minyak Zaitun

Ekstrak daun zaitun juga disebut mengandung bahan alami yang bersifat antijamur dan antimikroba. Kamu bisa menemukan khasiat ini dalam minyak atau salep yang terbuat dari ekstrak zaitun. Rutin mengoleskan minyak zaitun langsung ke bagian kuku yang mengalami infeksi disebut bisa membantu melawan serangan jamur. Jangan lupa untuk membilas kuku hingga bersih setelah diolesi minyak.

BACA JUGA:Tanaman Obat: Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Manusia

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin dan ajoene yang bersifat antijamur dan antimikroba. Kandungan tersebut dipercaya bisa mengatasi dan mengobati jamur yang menyerang kuku. Kamu bisa melakukan pengobatan dengan memilih bawang putih terbaik, kemudian cincang sampai halus. Setelah itu, balurkan dan letakkan pada bagian kuku yang terinfeksi jamur dan diamkan selama 30 menit.

BACA JUGA:Secangkir Kopi di Pagi Hari, Membantu Menaikan Mood dan Baik Untuk Kesehatan

3. Baking Soda

Jamur kuku juga bisa diatasi dengan memanfaatkan baking soda. Ramuan berbahan dasar baking soda bisa membantu mengurangi kelembapan pada jari-jari dan kuku. Selain itu, baking soda juga bisa membantu mengurangi bau tidak sedap akibat jamur. Cara membuat obat jamur dari baking soda juga tergolong mudah. Campurkan baking soda dan air sampai membentuk pasta, kemudian oleskan pada kuku yang terinfeksi jamur.

Kategori :