DKPP Sumenep Ajak Pemuda Jadi Petani

Selasa 26-09-2023,14:42 WIB
Reporter : Biro Madura
Editor : Aziz

Sumenep, Memorandum - Pada momentum Hari Tani Nasional ke-63 tahun 2023, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep mengajak pemuda untuk menjadi petani. Karena pertanian menjadi ujung tombak ketahanan negara.

Kepala DKPP Sumenep, Arif Firmanto menyampaikan, data Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2022, dari 135,3 juta penduduk yang bekerja, 29,96 persen di antaranya bergerak di bidang pertanian. Angka tersebut menginformasikan kalau jumlah petani di Indonesia mencapai 40,64 juta orang.

"Sayangnya jumlah petani kita saat ini masih didominasi oleh petani senior yang rentang usianya 45-64 tahun ke atas. Maka kami berharap pemuda untuk bergerak di bidang pertanian agar ada generasi yang kuat," harap Arif.

Menurut dia, negara akan kuat jika di bidang pertanian kuat. Ketahanan pangan keluarga juga kuat, dan peningkatan gizi di tatanan keluarga akan terus naik. Sebab melalui gizi yang terus meningkat, maka pertumbuhan anak-anak sebagai generasi bangsa pasti dapat bersaing di semua lini.

"Kemajuan bangsa di semua lini itu tak dapat lagi dipungkiri bahwa dasarnya berada pada kemajuan di bidang pertanian," tegas dia.

Arif juga memaknai bahwa peran petani milenial sangat penting dalam memajukan bangsa Indonesia, dalam kontek ketahanan pangan nasional.

"Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Potensi besar ini dapat membuat kita menjadi negara terkuat dalam hal ketahanan pangan. Andil petani pemuda potensial, dengan segala inovasi dan kreativitasnya, dapat mewujudkan masa depan pertanian negeri yang makin maju dan modern," tandasnya.(aan/ziz)

Kategori :

Terkait

Selasa 26-09-2023,14:42 WIB

DKPP Sumenep Ajak Pemuda Jadi Petani