Jangan Takut! Ini Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh

Jumat 08-09-2023,02:03 WIB
Editor : Aguss

Surabaya, memorandum – Bagi kebanyakan orang mungkin kegiatan donor darah hal yang menakutkan, tidak sedikit orang yang takut akan jarum suntik. Selain itu efek samping yang dirasakan setelah donor darah seperti, pusing, mual, dan lemas membuat orang enggan. Tapi apa kalian tau, ternyata donor darah juga memiliki banyak manfaat. Berikut ulasannya.

1.  Menurunkan Kolesterol
Manfaat donor darah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Khasiat ini nantinya bisa membantu menurunkan kolesterol. Pasalnya, kolesterol yang terdapat di darah bisa berkurang bersamaan dengan darah yang keluar.

2. Menjaga Kadar Zat Besi dalam Darah Agar Lebih Stabil
Dapat membantu mengurangi kadar zat besi yang berlebih dalam tubuh. Pasalnya zat besi yang berlebih dalam darah bisa meningkatkan radikal bebas dan oksidasi kolesterol yang ada dalam tubuh dan bisa meningkat faktor risiko terjadinya kanker, hepatitis C, serangan jantung, stroke dan penuaan dini.

3. Melancarkan Aliran Darah dan Produksi Sel Darah Merah Jadi Meningkat
Membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan membuat produksi sel darah merah jadi lebih meningkat. Mendonorkan darah bisa membuat sumsum tulang belakang menghasilkan sel darah merah baru untuk menggantikan darah yang hilang. Kemudian, tubuh juga akan lebih cepat menghasilkan darah baru.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan mencegah tubuh jadi lebih cepat sakit. Selanjutnya, donor darah bisa mengurangi terjadinya darah jadi mengental. Bila darah mengental, akan terjadi gesekan pembuluh darah dan sel darah pun menjadi semakin besar. Kondisi ini akan memicu pembuluh darah jadi tersumbat dan penyakit jantung bisa terjadi.

5. Mengurangi Berat Badan
Mendonorkan darah sebanyak satu kantong bisa membakar sebanyak 650 kalori. Makanya, donor darah dipercaya bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal sehingga bisa mengurangi risiko obesitas. Namun, perlu diingat jika cara ini jangan dijadikan sebagai satu-satunya langkah untuk mengurangi berat badan, terutama jika Anda sudah berada di bawah berat proporsional. Hubungi ahli kesehatan pribadi Anda dan terus menerapkan gaya hidup yang sehat secara rutin untuk memperoleh berat ideal.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang bisa kalian peroleh seteleah melakuan donor darah. Selain bermanfaat kita juga membantu orang lain dalam bidang kesehatan. Sebelum donor pastikan juga kondisi kalian sehat dan fit yaa! (mg2/gus)

Kategori :