Mengenal Macam-Macam Ibadah Umrah, Penting untuk Diketahui

Rabu 26-07-2023,13:30 WIB
Reporter : M Ridho
Editor : M Ridho

Surabaya, memorandum.co.id - Selain haji, ibadah umroh adalah ibadah yang dilakukan umat Islam di tanah suci. Dari segi hukumnya, ibadah haji memang diwajibkan bagi mereka yang mampu baik fisik maupun finansial. Akan tetapi dengan adanya batasan kuota dalam ibadah haji demi kenyamanan ibadah, umroh sering kali menjadi opsi. Secara bahasa, pengertian umroh adalah berkunjung ke suatu tempat. Sementara itu, dalam istilah fikih, umroh berarti melakukan serangkaian ibadah, yang terdiri dari tawaf, sa'i, dan diakhiri dengan tahalul. Macam macam Umroh Ada 2 macam ibadah umroh berdasarkan waktu dan tata cara dalam pelaksanaannya. Berikut penjelasannya :

  • Umroh Mufradah
Umroh Mufradah adalah ibadah umroh yang mana pelaksanaannya tidak berkaitan dengan rangkaian ibadah haji alias terpisah mandiri. Untuk jenis umroh yang pertama ini, waktu ibadahnya tidak ditentukan dan bisa dilakukan kapan saja di sepanjang tahun.
  • Umroh Tamattu
Umroh tamattu adalah umroh yang pengerjaannya berkaitan dengan ibadah haji tamattu. Umroh tamattu dikerjakan ketika memasuki bulan-bulan haji dan akan dikerjakan lebih dulu sampai selesai kemudian baru dilanjutkan dengan ibadah haji. (*/rdh)
Tags :
Kategori :

Terkait