Pengertian Sedekah dan Manfaatnya Berbagi Rezeki Kepada Orang Lain

Selasa 09-05-2023,06:36 WIB
Reporter : M Ridho
Editor : M Ridho

Surabaya, Memorandum.co.id - Sedekah artinya memberikan bantuan atau pertolongan berupa harta atau lainnya dengan mengharap pada ridha Allah SWT, tanpa mengharap imbalan apapun dari manusia. yang merupakan salah satu amalan paling dicintai Allah SWT. Sedekah dapat dilakukan secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi. Terkait hal ini, Allah SWT lebih menyukai hamba-Nya yang menyedekahkan hartanya tanpa diketahui orang lain. Allah SWT berfirman: اِنْ تُبْدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِيَۚ وَاِنْ تُخْفُوْهَا وَتُؤْتُوْهَا الْفُقَرَاۤءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِّنْ سَيِّاٰتِكُمْ ۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ٢٧١ Artinya: "Jika kamu menampakkan sedekahmu, itu baik. (Akan tetapi,) jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, itu lebih baik bagimu. Allah akan menghapus sebagian kesalahanmu. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS Al Baqarah : 271) Manfaat sedekah sebagai berikut :

  • Membuka Pintu Rezeki
Manfaat sedekah yang pertama adalah membuka pintu rezeki. Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Baihaqi, "Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah".
  • Penghapusan Dosa
Siapa sangka, manusia memang tidak pernah luput dari yang namanya dosa. Nabi Muhammad saw. bersabda, "Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api". (HR. At-Tirmidzi) Sedekah merupakan cara mudah yang disediakan oleh Allah agar dapat mengikis perbuatan-perbuatan dosa yang telah diperbuat.
  • Panjang Umur
Manfaat sedekah bagi kelangsungan hidup adalah bisa memanjangkan umur. Nabi Muhammad saw. bersabda, "Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su'ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran, dan sifat bangga pada diri sendiri". (HR. Thabrani)
  • Terhindar dari Marabahaya
Manfaat sedekah selanjutnya adalah sebagai penolak bala, penyubur pahala, menahan musibah, dan kejahatan serta rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah Swt. Rasulullah saw. bersabda, "Bersegeralah untuk bersedekah karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah". Nabi Muhammad saw. bersabda, "Asshodaqotu tasuddu sab'iina baaban minas suu-i", artinya, "Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan". Itulah di antara manfaat sedekah sebagaimana janji Allah Swt. dalam Al-Qur'an, "Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak". (QS. Al-Baqarah: 245). (*/Rdh)  
Tags :
Kategori :

Terkait