Khasiat Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

Kamis 10-11-2022,09:15 WIB
Reporter : M Ridho
Editor : M Ridho

Surabaya, Memorandum.co.id - Daun kemangi merupakan tumbuhan aromatik yang berasal dari benua Asia dan Afrika. Selain digunakan sebagai campuran masakan, daun yang memiliki rasa sedikit pahit ini juga umum dikonsumsi dalam bentuk teh atau suplemen kesehatan. Hal ini karena daun kemangi dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Di Indonesia, daun kemangi sering dijadikan lalapan atau pelengkap sajian makanan. Di balik rasanya yang segar, ternyata daun ini menyimpan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari menurunkan stres hingga mencegah kanker.

Selain dijadikan sebagai lalapan atau penyedap masakan, daun kemangi atau basil ternyata juga menawarkan banyak manfaat lain. Salah satunya adalah meningkatkan kesehatan reproduksi dan kesuburan pria. Sebab, daun kemangi diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Berikut khasiat kemangi untuk kesehatan tubuh.

Bermanfaat untuk kesehatan dan kesuburan pria, Mengonsumsi daun kemangi dapat meningkatkan kualitas sperma, sehingga sperma mampu mencapai sel telur dengan mudah untuk melakukan pembuahan. Sebab, daun kemangi mengandung senyawa arginin. Senyawa tersebut diketahui dapat memperpanjang hidup sperma dan meningkatkan kekebalan sperma.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan, penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi mampu mencegah gangguan pencernaan yang timbul akibat adanya luka di lambung. Selain itu, daun kemangi juga dapat menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

Mencegah kanker, selain antioksidan, penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi juga memiliki sifat antikanker. Kandungan antikanker dalam daun kemangi diketahui dapat melawan sel kanker dalam tubuh, termasuk kanker paru-paru, kanker hati, kanker mulut, dan kanker kulit. (Rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait