Khasiat Sayur Selada untuk Kesehatan Tubuh.

Rabu 09-11-2022,16:35 WIB
Reporter : M Ridho
Editor : M Ridho

Surabaya, Memorandum.co.id - Daun selada adalah sumber vitamin yang baik, termasuk vitamin A dan vitamin K yang sangat tinggi. Manfaat selada untuk kesehatan amatlah beragam.

Beberapa jenis zat dan nutrisi penting yang terkandung dalam daun selada dipercaya memiliki efek baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Selada biasa diselipkan ke dalam sajian burger atau sandwich. Sayuran ini juga sering dicampur dengan sayuran lain dan diolah menjadi gado-gado, asinan, atau salad.

Berikut khasiat sayur selada untuk kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan jantung, daun selada kaya kandungan folat. Di dalam tubuh Anda, folat berfungsi untuk mengolah asam amino bernama homosistein dalam darah. Sementara kadar homosistein dalam darah yang terlalu tinggi bisa menimbulkan berbagai masalah pada jantung, misalnya peyumbatan pembuluh darah.

Meningkatkan kekebalan tubuh, berbagai vitamin dalam daun selada berfungsi untuk menjaga sel-sel imun dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Kandungan vitamin A juga mampu meredakan infeksi, peradangan, serta kerusakan sel.

Menjaga kesehatan mata, khasiat baik vitamin A bagi kesehatan mata tentu sudah tidak asing lagi buat Anda. Kekurangan vitamin A bisa meningkatkan risiko glaukoma, katarak, dan menurunnya penglihatan karena proses penuaan.

Mencegah kanker, selada merupakan sayuran hijau yang kaya kandungan antioksidan sehingga berperan penting dalam memperkuat fungsi sel tubuh. (Rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait