Tips Menjaga Kesehatan Hati

Jumat 16-09-2022,07:50 WIB
Reporter : M Ridho
Editor : M Ridho

Surabaya, Memorandum.co.id Hati adalah organ yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan dan membersihkan tubuh dari zat-zat beracun. Organ ini berperan penting dalam membentuk daya tahan tubuh dan proses pembekuan darah.

Dalam hal ini penting untuk menjaga kesehatan hati dikarenakan penyakit hati lebih berisiko terjadi pada orang yang menjalani gaya hidup kurang sehat.

Ketika hati sudah rusak parah, fungsi hati bisa terganggu secara permanen. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk melakukan beberapa cara untuk mencegah penyakit hati. Berikut cara menjaga kesehatan hati.

Batasi konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, tinggi kalori, rendah karbohidrat, dan memiliki banyak gula. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi cukup air untuk menghindari dehidrasi.

Melakukan aktivitas fisik dengan teratur dalam porsi yang cukup dapat membantu pembakaran trigliserida. Kadar lemak dan trigliserida yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan perlemakan hati.

Hindari konsumsi minuman beralkohol karena hal ini dapat merusak sel hati dan menyebabkan gangguan hati, termasuk peradangan pada hati.  (Rdh)
Tags :
Kategori :

Terkait