Bupati Yes Pantau Vaksinasi Merdeka Serentak di Pondok Pesantren dan Rumah Ibadah

Selasa 07-09-2021,15:31 WIB
Reporter : Aziz Manna Memorandum
Editor : Aziz Manna Memorandum

Lamongan, memorandum.co.id - Percepatan pelaksanaan vaksinasi terus dilaksanakan oleh pemerintah. Hal tersebut dilakukan dengan harapan agar Indonesia dapat segera memperoleh kekebalan kelompok dengan target 70 persen. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan pelaksanaan kegiatan vaksinasi merdeka, yang serentak dilakukan di pondok pesantren, gereja, dan tempat ibadah di seluruh Indonesia, Selasa (7/9).
Presiden RI Joko Widodo selain melaksanakan kunjungan kerja untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi di Ponorogo, beliau juga meninjau kegiatan vaksinasi di berbagai tempat di seluruh Indonesia secara daring melalui zoom meeting.
“Siang hari ini kita telah melaksanakan vaksinasi serentak di beberapa pesantren, gereja, dan rumah-rumah ibadah.  saya sangat menyambut baik apa yang dilakukan oleh TNI dan Polri ini. Terima kasih atas kerja keras, atas semuanya, semoga dengan percepatan vaksin yang telah kita lakukan, penyebaran covid, varian delta, bisa kita kurangi, bisa kita hentikan. Terutama saya titip kecepatan vaksinasi, protokol kesehatan, utamanya juga kalau memang ada memang ada kasus meski sedikit tetap bisa dimasukkan ke isolasi terpusat yang telah disiapkan,” arah Presiden Jokowi.
Di Kabupaten Lamongan, pelaksanaan vaksinasi merdeka serentak ini dilakukan di Pondok Pesantren Alfatiniah Paciran. Dosis vaksin yang disiapkan untuk disuntikkan hari ini sebanyak 700 vaksin. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Kapolres AKBP Miko Indrayana meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut.
Diungkapkan Pak YES, pondok pesantren dipilih sebagai tempat sasaran vaksinasi seiring pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka. Selain itu, asrama atau tempat tinggal santri tentunya merupakan tempat yang membutuhkan banyak interaksi, sehingga kekebalan kelompok dianggap sangat penting untuk disegerakan.
“Khusus di Fatiniyah ini direncanakan 700 vaksin. Kenapa pondok pesantren dan tempat ibadah ini didahulukan, tentu ini seiring pelaksaan pembelajaran tatap muka, komunitas di sini banyak, sehingga kekebalan di asrama sangat dibutuhkan, karena interaksinya banyak, sehingga kesiapan untuk pesantren, tempat-tempat ibadah ini sangat penting. supaya penularan tidak semakin membesar,” ungkap Pak YES.
Disampaikan pula oleh Pak YES, kondisi Lamongan saat ini sudah semakin membaik. “Kondisi Lamongan sudah semakin membaik, kondisi tersebut atas partisipasi seluruh masyarakat. Masyarakat Lamongan alhamdulillah bisa bekerjasama dalam rangka memerangi covid ini. Vaksinasi sudah sekitar 457.673 yang sudah disuntikkan (dosis 1 dan 2), artinya hampir 50 persen. Kalau target 70 persen mudah-mudahan ini juga segera tercapai dengan baik,” tambah Pak YES.(*)
Tags :
Kategori :

Terkait