Ingin yang Baru

Kamis 18-07-2019,09:51 WIB
Reporter : Agus Supriyadi
Editor : Agus Supriyadi

Bagi penikmat musik, lagu yang dirasa cocok adalah yang mampu mengaduk-aduk perasaan. Bahkan, ada juga lagu yang dilantunkan persis sama dengan kehidupan yang dijalani.        

Soal bermusik hingga mampu menelurkan lagu yang bisa dinikmati para penggemarnya, adalah harapan Raisa. Sepanjang karier bermusiknya, Raisa telah menelurkan tiga album penuh, yakni 'Raisa' (2011), 'Heart to Heart' (2013), dan 'Handmade' (2016).

Di antara sejumlah albumnya, 'Handmade' menjadi yang dirasa paling merepresentasikan dirinya. Sebab menurut Raisa, ia paling banyak terlibat dalam pembuatan di album tersebut.

"Album pertama kan masih baru banget aku nggak ngerti apa-apa, aku cuma nulis lagu dan lirik doang. Belum ngerti aransemen tuh apa sih. Disuguhin apa-apa iya-iya aja,” ujar Raisa ke detikHOt.

“Terus album kedua udah mulai ada maunya tapi belum pede untuk bilang 'Gue nggak suka nih kaya gini, gue maunya sound-nya kaya gini' walaupun aku sudah jalan lumayan lama dan aku udah mulai ngerti apa yang aku mau," sambung Raisa.

"Nah di album 'Handmade', baru aku benar-benar waktu itu ngasih ke produser, ini list sound yang gue mau, ini list mood yang gue mau, ini arahan yang gue mau. Aku ngasih list banyak banget dan pada akhirnya lagu 80 persen nulis sendiri. Hingga akhirnya jadi sesuatu yang aku banget adalah di album ketiga," beber Raisa.

Hal itu cukup membuatnya gusar ketika ingin membuat sesuatu yang baru selepas 'Handmade'. Ia kerap kebingungan menemukan hal baru yang belum pernah ia lakukan sebelumnya.

Meski ingin menyajikan sesuatu yang segar untuk para pendengarnya, di satu sisi Raisa tak ingin melakukan perubahan yang terlalu drastis pada musiknya. Ia ingin jati dirinya tetap muncul dalam tiap lagu-lagunya. Hal itu diakuinya sebagai sesuatu yang membutuhkan strategi.

"Aku sudah punya beberapa lagu yang sebenernya dari A sampai Z sudah kena nih di genre aku. Jadi aku harus mengeluarkan sesuatu yang baru buat aku tapi juga masih harus kental Raisa-nya," katanya.

Untuk mengatasi itu, ia mengungkapkan dirinya selalu menginginkan adanya pandangan yang baru mengenai musiknya dari orang lain. Dalam 'Kembali', hal itu ia terapkan dengan cara mengajak Mikha Angelo dari The Overtunes untuk berkolaborasi. (*/nov)

 

 

Tags :
Kategori :

Terkait