KKN Unair Hadirkan Aquaponik di Medokan Semampir

Selasa 16-02-2021,18:15 WIB
Reporter : Syaifuddin
Editor : Syaifuddin

Surabaya, memorandum.co.id - Kelompok 173 kuliah kerja nyata belajar bersama masyarakat (KKN-BBM) ke-63 Universitas Airlangga mengadakan program kerja bidang lingkungan. Yaitu pemberian satu set peralatan aquaponik untuk warga RW 02  di pekarangan Pangan Lestari RW 02, Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

“Latar belakang program ini yaitu karena melihat kondisi RW 02 yang mempunyai pekarangan Pangan Lestari yang di dalamnya terdapat green house dan beberapa kolam budidaya. Sistem penanaman sayuran yang sudah ada di green house antara lain sistem hidroponik, penanaman dalam pot, dan penanaman dengan polybag. Sistem yang belum ada adalah aquaponik,” terang Fajar selaku Ketua Kelompok KKN 173, Selasa (16/02/2021).

Fajar mengungkapkan bahwa program kerja tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan warga RW 02 Medokan Semampir mengenai sistem aquaponik yang merupakan penggabungan dua metode, yakni akuakultur dan hidroponik.

Selain itu, pemberian alat ini juga sebagai upaya pengembangan lingkungan RW 02 serta peningkatan semangat warga untuk terus melestarikan dan mengembangkan penanaman sayuran serta ternak ikan di green house.

“Selain memberikan alatnya, tim KKN kami juga membantu penyusunan dan pemasangan alat aquaponik di green house RW 02. Kami juga menjelaskan cara-cara perawatan aquaponik agar dapat memberikan hasil sayuran dan ikan dengan baik,” jelasnya yang juga sebagai penanggungjawab program kerja aquaponik.

Lebih lanjut, Fajar mengatakan bahwa pemilihan sayuran yang akan ditanam diserahkan sepenuhnya pada warga RW 02 Medokan Semampir. Namun untuk ikan yang dipilih adalah ikan lele yang berasal dari hasil kolam budidaya di sana.

“Jadi, kelompok kami dan warga RW 02 sepakat memilih ikan lele untuk dipelihara dalam sistem aquaponik berdasarkan beberapa hal yaitu benih maupun induk ikan sudah tersedia dari hasil kolam budidaya di sana. Sehingga diharapkan proses budidayanya dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Adapun anggota kelompok KKN terdiri dari sembilan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) yaitu Achmad Fajar Musyafa Nor, Arief Yusuf Ahmadi, Ahnaf Habib Fajrony, Fatan Afta Ghana, Desi Maryam, Khoirun Nisa , Ummu Aiman, Lailly Widya Ardana  dan Velia Novita Sari. Serta satu mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) yaitu Alifiah Rizky Rosydah.

"Semua program yang telah dilaksanakan oleh kelompok KKN 173 semoga dapat memberikan manfaat untuk warga RW 02 Medokan Semampir," harap Fajar. (mg3/udi)

Tags :
Kategori :

Terkait