Banjir Lahar Dingin Semeru, Terjang Mobil Pengangkut Bahan Bakar

Senin 08-02-2021,18:19 WIB
Reporter : Syaifuddin
Editor : Syaifuddin

Lumajang, memorandum.co.id - Mobil Kijang terseret arus saat lahar dingin Semeru kembali menerjang aliran sungai di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo pada Senin (8/2) sore.

Dalam video yang berdurasi 30 detik dan beredar di sejumlah grup Whatsapp tersebut merekam kejadian datangnya lahar dingin Gunung Semeru dan  menerjang mobil yang terparkir di dekat aliran sungai lahar.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo membenarkan  kejadian yang ada dalam video itu. "Kami sudah mengirimkan Tim Reaksi Cepat BPBD ke lokasi,” ujarnya.

Dari data yang berhasil dihimpun di lapangan, menyebutkan bahwa mobil tersebut adalah milik  pegawai salah salah satu penambang yang ada di sekitar daerah tersebut yang sehari harinya  dipakai untuk mengangkut solar. Seperti biasa mobil diparkir didekat aliran sungai untuk mempermudah menyuplai kebutuhan bahan bakar pada truk pengangkut pasir maupun alat berat lainnya.

Sementara itu, Wawan menjelaskan terjadinya banjir lahar dingin tersebut akibat intensitas hujan yang tinggi di Lumajang dalam minggu minggu terakhir ini khususnya di wilayah lereng Gunung semeru. Sehingga banyak menyebabkan bencana bencana lain seperti longsor dan banjir di sebagian wilayah Kabupaten Lumajang.

“Info yang kami dapat untuk korban jiwa alhamdulillah nihil, karena saat mobil yang terbawa banjir tadi baik sopir maupun penumpang lainnya tidak berada di dalam kendaraan. Untuk pemiliknya masih belum jelas nati kita informasikan lagi, “ pungkasnya. (ani/udi)

Tags :
Kategori :

Terkait