SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI resmi memberikan layanan pengiriman bantuan kemanusiaan gratis bagi korban bencana banjir bandang dan longsor di Sumatera Utara. Kebijakan ini berlaku di seluruh kantor cabang PELNI di Indonesia untuk mempercepat distribusi logistik.
BACA JUGA:Peduli Bencana, PELNI Gerak Cepat Salurkan Bantuan Darurat untuk Korban Banjir Bandang di Sumatra
Masyarakat umum, instansi, hingga komunitas kini dapat menitipkan bantuan melalui kantor cabang PELNI terdekat tanpa dikenai biaya. Langkah ini diambil manajemen PELNI sebagai wujud mandat kemanusiaan perusahaan, khususnya dalam pemanfaatan konektivitas laut untuk respons bencana.
Sekretaris Perusahaan PELNI, Evan Eryanto, menyampaikan bahwa layanan gratis ini merupakan upaya mempercepat aliran logistik kemanusiaan dari berbagai wilayah menuju Sumatera Utara.
BACA JUGA:Sambut Libur Nataru, Pemerintah Berikan Diskon Tiket Kapal PELNI ke Semua Rute
“Kami memutuskan untuk membuka layanan pengiriman bantuan gratis sepenuhnya agar logistik kemanusiaan dari berbagai penjuru Indonesia dapat segera sampai ke saudara-saudara kita di Sumatera Utara,” ujarnya.
Evan menegaskan bahwa PELNI tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi penumpang dan kargo komersial, tetapi juga sebagai urat nadi logistik nasional dalam kondisi darurat.
“Ini adalah wujud komitmen PELNI sebagai BUMN pelayaran yang tidak hanya menghubungkan pulau, tapi juga menghubungkan kepedulian. PELNI siap menjadi jembatan kemanusiaan dari Sabang sampai Merauke,” tambahnya.
BACA JUGA:Polda Jatim Gelontorkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Sumatera
Terkait mekanisme pengiriman, bantuan yang diterima di kantor-kantor cabang akan dikonsolidasikan terlebih dahulu ke Jakarta. Setelah itu, logistik akan diangkut menggunakan KM Kelud yang melayani rute reguler menuju Pelabuhan Belawan, Medan.
Jenis bantuan yang dapat dikirim mencakup kebutuhan mendesak, seperti sembako, pakaian layak pakai, selimut, obat-obatan, serta kebutuhan khusus bayi dan perempuan.
Dukungan juga datang dari lini bisnis kargo perusahaan. Direktur Utama PBM SBN atau PELNI Logistics, Sukendra, memastikan kolaborasi PELNI Group mencakup pembebasan biaya penanganan barang (handling) di pelabuhan.
“Pihak kami akan membebaskan seluruh biaya bongkar muat dari pelabuhan awal hingga pelabuhan tujuan. PELNI Logistics berharap upaya ini dapat dimanfaatkan masyarakat luas untuk meringankan penderitaan saudara kita di Sumatera,” ujarnya.
Respons cepat turut ditunjukkan kantor cabang daerah. Kepala Cabang PT PELNI Surabaya, Roni Abdullah, menyatakan kesiapannya mendukung penuh program ini.
BACA JUGA:Ponorogo Diterjang Longsor, Warga Ketakutan Mengungsi ke Tetangga
Sebagai salah satu pelabuhan hub utama, Surabaya siap menampung dan menyalurkan bantuan dari masyarakat Jawa Timur.
“PELNI Surabaya memastikan setiap bantuan yang diterima dapat diproses dan diberangkatkan dengan cepat dan tertib. Kami mendorong masyarakat Surabaya dan sekitarnya untuk memanfaatkan fasilitas ini sebagai wujud kepedulian bersama,” tegasnya.
BACA JUGA:BPBD Pasuruan Pasang Sistem Peringatan Dini di Wilayah Rawan Banjir dan Longsor
Sebelum layanan gratis ini dibuka, PELNI sebelumnya telah menyalurkan bantuan logistik langsung ke Sumatera Utara dan Sumatera Barat berupa sembako, makanan siap saji, dan perlengkapan mandi. Bantuan tersebut disalurkan melalui BPBD Sumatera Utara dan Posko Penanganan Darurat Bencana Banjir dan Longsor Kota Padang.(alf)