KAI Daop 8 Batalkan Perjalanan KA Jakarta dan Bandung

Kamis 23-04-2020,15:03 WIB
Reporter : Aziz Manna Memorandum
Editor : Aziz Manna Memorandum

Surabaya, memorandum.co.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan penyesuaian operasional perjalanan Kereta Api (KA) penumpang seiring kebijakan pemerintah yang resmi memberlakukan larangan mudik di masa pandemi Covid-19, guna menekan penyebaran virus mematikan. Di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya mulai Jumat ( 24/4) seluruh keberangkatan KA penumpang dari arah Surabaya atau Malang menuju Bandung dan Jakarta yang berjumlah 20 KA per hari dibatalkan operasi perjalanannya. Perjalanan KA tersebut terdiri dari relasi Surabaya/ Malang–Bandung dua KA, relasi Surabaya/Malang–Bandung - Jakarta empat KA, relasi Surabaya/ Malang–Cirebon-Jakarta 14 KA . Adapun daftar 6 KA jarak jauh yang masih beroperasi di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya di antaranya adalah KA Probowangi (KA 337/ KA 338) relasi Surabaya Gubeng–Ketapang /PP, KA Maharani (KA 265/ 266) relasi Surabaya Pasar Turi – Semarang Poncol/pp, KA Ranggajati (KA 120 – 125) relasi Cirebon –Surabaya Gubeng – Jember, KA Ranggajati (KA 122 – 119) relasi Jember – Surabaya Gubeng – Cirebon, KA Wijaya Kusuma (KA 124-125) relasai Cilacap – Surabaya Gubeng – Ketapang, dan KA Wijaya Kusuma ( 126 – 123) relasi Ketapang – Surabaya Gubeng – Cilacap. Sementara untuk perjalanan KA lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya ada 21 perjalanan KA yang masih beroperasi, sementara 25 perjalanannya dibatalkan. KA Lokal yang dibatalkan tersebut di antaranya KA Komuter relasi Bangil – Surabaya Kota/pp, KA Komuter Sulam relasi Surabaya Turi – Lamongan/pp, dan KA Jenggala relasi Sidoarjo – Mojokerto/pp. KA lokal yang masih beroperasi di antaranya KA Penataran relasi Surabaya Kota – Malang – Blitar/pp, KA Dhoho relasi Surabaya Kota – Kertosono – Blitar/pp, KA Lokal Bojonegoro relasi Siodoarjo – Surabaya Pasar Turi – Babat/pp, dan KA Lokal Kertosono relasi Surabaya Kota – Kertosono/pp. Calon penumpang yang sudah memiliki tiket, akan dikembalikan penuh atau 100 persen di luar bea pesan oleh KAI dengan dihubungi oleh contact center KAI 121 untuk mendapatkan panduan lebih lanjut. Selain itu, calon penumpang juga dapat membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI access atau datang langsung ke loket stasiun yang sudah ditunjuk. Pembatalan tiket melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai atau melalui transfer. “Pembatalan perjalanan KA penumpang ini, untuk sementara ditetapkan hingga 30 April 2020, sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan. Jika terdapat perpanjangan waktu pembatalan operasional perjalanan KA maka akan diinformasikan kembali secara resmi,” ujar Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya. PT KAI Daop 8 Surabaya memohon maaf kepada penumpang yang perjalanannya tertunda. Langkah ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 pada masa angkutan Lebaran 2020. Sementara untuk mendukung pasokan logistik dan bahan pangan, Daop 8 Surabaya tetap menjalankan KA angkutan barang secara normal untuk pengangkutan.(dhi)

Tags :
Kategori :

Terkait