Hindari Bahaya Kosmetik! Ikuti 6 Tips dari BPOM

Minggu 20-10-2024,17:16 WIB
Reporter : Agus Supriyadi
Editor : Agus Supriyadi

MEMORANDUM.CO.ID - Kosmetik menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, di balik keindahan yang ditawarkan, penggunaan kosmetik yang tidak tepat dapat menimbulkan berbagai masalah kulit, bahkan membahayakan kesehatan.

Untuk itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan beberapa tips cerdas dalam memilih dan menggunakan kosmetik.

1. Cek KLIK

Dalam memakai kosmetik, tentunya tidak bisa sembarangan. Yang perlu dilakukan pertama kali adalah dengan cek KLIK yang terdiri dari:

1) Kemasan. Pastikan kemasan dalam kondisi baik,  tidak bocor, tidak penyok, tidak menggembung, tidak berkarat, dan tidak terbuka segelnya;

2) Label. Harus cermat membaca label produk, pastikan sesuai dengan usia, kebutuhan, dan jenis kulit.
Patikan juga bahwa label produk meberikan informasi dalam bahasa Indonesia agar lebih aman;

BACA JUGA:Daftar Kosmetik Berbahaya Menurut BPOM, Cari Tahu Ciri-Ciri Hingga Efek Sampingnya

BACA JUGA:Sebelum Membeli, Kenali Skincare Asli dan Palsu, Jangan Sampai Tertipu

3) Izin edar. Pastikan terlebih dahulu apakah produk terdaftar di BPOM atau tidak. Bisa dengan mengeceknya di cekbpom..pom.go.id atau melalui aplikasi BPOM Mobile;

4) Kadaluarsa. Pastikanlah produk tidak melewati tanggal kadaluarsa yang tercantum pada kemasan agar tidak membahayakan.

2. Gunakan Kosmetik yang Masih Bagus.

Jangan menggunakan kosmetik yang sudah berubah warnanya, berbau tengik ataupun bentuk isi kosmetiknya menggumpal/ancer.

Karena kosmetik-kosmetik yang sudah berganti warna, bentuk dan baunya berkemungkinan besar sudah kadaluarsa dan sudah tidak layak pakai. Sehingga akan berbahaya apabila tetap dipakai.

3. Jangan Gunakan Kosmetik di Area Mata dan Bibir

Kondisi kulit sekitar mata, mata dan bibir termasuk anggota tubuh yang sensitif. Khususnya mata yang menjadi salah satu panca indra sehingga akan berbahaya apalagi terkena bahan kimia.

Bisa menyebabkan infeksi dan iritasi mata yang mengganggu penglihatan. Hampir sama kondisinya dengan bibir, karena dalam kosmetik terdapat bahan kimia sehingga dapat menyebabkan keringnya bibir.

Bahkan jika parah akan menyebabkan bibir pecah-pecah hingga luka. Karena itu, jika bukan kosmetik khusus untuk mata dan bibir, maka tidak boleh untuk digunakan di kedua area itu.

4. Jangan Mencampur/Mengencerkan Kosmetik

Pada dasarnya, setiap jenis kosmetik memiliki kandungan yang berbeda-beda. Berbeda merknya biasanya berbeda kandungan. Berbeda jenis dan bentuknya juga biasanya berbeda kandungannya.

BACA JUGA:Gunakan 5 Kandungan Skincare Ini Jika Kamu Ingin Menghilangan Komedo

Kategori :